63 Calon Haji Barito Utara Mulai Manasik, Bupati: Persiapkan Diri Secara Matang
Calon haji Barito Utara, Kalimantan Tengah ikut manasik haji 2022. (Antara)

Bagikan:

KALTENG - Sebanyak 63 calon haji Kabupaten Barito Utara, Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) mengikuti kegiatan bimbingan manasik haji Tahun 2022.

Bupati Barito Utara Nadalsyah mengatakan ibadah haji merupakan rukun Islam yang kelima wajib dilaksanakan oleh umat Islam yang mempunyai kemampuan.

"Oleh karenanya, sebelum kita berangkat melaksanakan ibadah haji ke Tanah Suci Makkah Almukarramah, kita harus lebih dahulu mempersiapkan diri dengan bermacam-macam persiapan secara matang dan teratur," katanya saat manasik di Muara Teweh, Senin 6 Juni.

Selain Nadalsyah, acara ini juga dihadiri Wakil Bupati Sugianto Panala Putra, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Tengah Noor Fahmi, Sekda Muhlis dan pejabat lainnya.

Dalam melaksanakan ibadah haji nanti, kata dia, akan memperoleh hasil yang baik dan memuaskan yaitu haji mabrur dan maqbul yang diridhai oleh Allah SWT. karena haji yang mabrur itulah yang menjadi dambaan dan harapan semua.

Pada kesempatan itu, Nadalsyah juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Kalteng dan jajaran yang telah melaksanakan bimbingan manasik haji tahun ini.

Dia mengatakan manasik haji suatu kesempatan baik yang diadakan khusus untuk jemaah calon haji Kabupaten Barito Utara dalam rangka memberikan pengetahuan mengenai tahapan-tahapan menunaikan ibadah haji yang baik dan benar sesuai dengan arahan dan bimbingan tim pembimbing haji.

"Oleh karenanya kepada jemaah calon haji saya harapkan dapat menyimak penyampaian materi dengan baik. Manasik haji ini merupakan geladi bersih yang akan dilaksanakan di Tanah Suci nanti,” kata dia.

Lebih lanjut Nadalsyah mengatakan saat ibadah haji ke Tanah Suci Makkah di samping sebagai ibadah kepada Allah SWT, jemaah calon haji dituntut untuk memperhatikan hubungan dan manfaat lainnya yang perlu dibina dan dipupuk.

Kepala Kepala Kantor Kementerian Agama Barito Utara M. Yusi Abdhian, menyampaikan pelaksanaan manasik haji tahun ini 6-7 Juni 2022, sedangkan pada tingkat kecamatan 8-11 Juni 2022.

"Untuk jemaah pada tahun ini jemaah Kabupaten Barito Utara berjumlah 63 orang terdiri dari 30 orang laki-laki dan 33 perempuan. Usia paling tinggi 64 tahun dan yang termuda berusia 28 tahun yang akan berangkat melalui kelompok terbang BDJ 6 Embarkasi Haji Banjarmasin pada 19 Juni 2022," tandasnya.