IHSG Dibuka Menguat ke Level 5.120,94, Simak Rekomendasi Saham Analis
Gedung Bursa Efek Indonesia. (Angga Nugraha/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dibuka di zona hijau pada perdagangan Rabu 21 Oktober. IHSG dibuka menguat 0,41 persen atau 21,10 poin ke level 5.120,94.

Membuka perdagangan, 62 saham menguat, 8 saham melemah, dan 28 saham stagnan. Volume perdagangan tercatat 74,98 juta lembar saham dan ditransaksikan senilai Rp66,81 miliar.

Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan pada perdagangan hari ini berpeluang untuk kembali ke jalur hijau dengan penguatan terbatas, setelah ditutup melemah 0,52 persen ke level 5.099.

"Secara teknikal, ada peluang terjadinya penguatan minimal ke level resistance yang masih terbuka lebar," ujar analis PT Binaartha Parama Sekuritas, Muhammad Nafan Aji Gusta Utama dalam risetnya.

Ia mengatakan, kisaran support-resistance IHSG pada perdagangan hari ini berada di level 5.023-5.187. Nah, di tengah potensi technical rebound pada laju IHSG hari ini, Nafan menyodorkan sejumlah saham yang bisa dimainkan pelaku pasar, yakni PT Indosat Tbk (ISAT), PT Jasa Marga Tbk (JSMR), PT Pabrik Kertas Tjiwi Kimia Tbk (TKIM), dan PT Sarana Menara Nusantara Tbk (TOWR).

Namun, pandangan berbeda disampaikan analis PT Reliance Sekuritas Indonesia Tbk (RELI), Lanjar Nafi Taulat Ibrahimsyah. Dia menyatakan secara teknikal laju IHSG berpotensi mengalami tekanan yang bergerak dengan kisaran support-resistance di level 5.067-5.117.

Dengan demikian, jelas Lanjar, adanya potensi pelemahan lanjutan pada laju IHSG hari ini bisa dimanfaatkan investor dengan mengoleksi saham PT Jasa Marga Tbk (JSMR), PT Semen Indonesia Tbk (SMGR), PT Sarana Menara Nusantara Tbk (TOWR), PT United Tractors Tbk (UNTR), PT HM Samperna Tbk (HMSP), dan PT Gudang Garam Tbk (GGRM).