Koalisi Indonesia Bersatu Bakal Bahas Figur Capres, PPP: Siapa Dia?
Ketua DPP PPP Achmad Baidowi (Awiek). (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Partai-partai politik yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Bersatu bakal menggelar pertemuan nasional membahas Pilpres hingga Pilkada 2024 pada awal Juni ini. Bahkan, PAN sudah menyinggung nama-nama kandidat yang bakal diusung, mulai dari Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan hingga Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Kendati demikian, Partai Golkar menyatakan bahwa pembahasan figur capres dan cawapres ada pada jilid terakhir. Sementara sejauh ini koalisi baru berada pada pembicaraan jilid pertama.

Senada dengan Golkar, PPP juga menegaskan saat ini belum ada pembicaraan mengenai calon presiden. Ketua DPP PPP Achmad Baidowi menuturkan, semua nama capres yang muncul dalam survei berpeluang untuk diusung KIB.

"Sampai saat ini KIB belum berbicara mengenai calon tertentu. Soal calon, siapa pun punya peluang," ujar Baidowi saat dikonfirmasi, Rabu, 1 Juni.

Lebih lanjut, Baidowi menjelaskan ada sejumlah kriteria bakal calon presiden yang bakal diusung KIB. Koalisi, kata dia, akan concern melihat track record calon, kemampuan serta tingkat penerimaan masyarakat.

"Tentu melihat track record yang ada keberpihakan terhadap rakyat dan juga memiliki kemampuan. Tingkat akseptabilitas terhadap masyarakat juga akan dilihat," jelas Awiek, sapaannya.

"Siapa dia? Tentu kami harus duduk bersama dulu dengan teman-teman koalisi," lanjutnya.