Ada Demo Hari Ini, Transjakarta Modifikasi Rute
Bus TransJakarta (Foto: Twitter @PT_Transjakarta)

Bagikan:

JAKARTA - Plt. Kepala Divisi Sekretaris Korporasi dan Humas PT Transportasi Jakarta, Betris, menyampaikan pihaknya melakukan modifikasi rute bus. Hal ini sehubungan dengan aksi unjuk rasa di kawasan Monumen Nasional (Monas) dan sekitarnya.

"Aksi unjuk rasa berdampak terhadap layanan Transjakarta. Namun agar masyarakat tetap terakomodir mobilitasnya menggunakan layanan kami maka Transjakarta melakukan modifikasi rute layanan," kata Betris dalam keterangannya, Selasa, 20 Oktober.

Pada koridor 1 Transjakarta, halte dari Blok M menuju Sarinah berlangsung normal. Lalu, pengalihan mulai dari Sarinah - lampu merah Sarinah - lampu merah Bank Indonesia keluar jalur belok kiri - Jalan Kebon Sirih - Hotel Milenium belok kiri - Jalan Fachrudin belok kanan - Jati Baru lurus - Jalan Cideng Barat - lampu merah Tarakan belok kanan - Halte Petojo - lampu merah Harmoni belok kiri - Harmoni - Kota. 

Sementara, pada koridor 1 arah sebaliknya, bus berangkat dari Halte Kota - Harmoni - lampu merah Harmoni belok kanan - lurus arah Tomang - Halte Petojo keluar jalur - lampu merah Tarakan belok kiri - Jalan Cideng Timur - Jalan Jati Baru belok kiri - Hotel Tugu Asri - lampu merah Hotel Milenium  - Jalan Kebon Sirih - lampu merah Bank Indonesia belok kanan - Halte Sarinah - Blok M.

"Halte yang tidak melayani pada koridor 1 adalah Halte Monas dan Halte Bank Indonesia (BI),"kata Betris.

Kemudian, koridor 6A dengan rute Ragunan – Monas via Kuningan dan Rute 6B dengan rute Ragunan – Monas via Semanggi mengalami perpendekan rute menjadi Ragunan – Tosari. 

Halte yang tidak melayani di koridor 6A dan 6B adalah Halte Bundaran HI, Sarinah, Halte Bank Indonesia, dan Halte Monas.

Selanjutnya, koridor 1A dengan rute PIK – Balaikota. Mengalami perpendekan rute menjadi PIK – Kota. Halte yang tidak melayani dalam rute ini adalah Halte Glodok, Olimo, Mangga Besar, Sawah Besar, Harmoni, Monas, dan Bus Stop Balaikota.

"Selain rute-rute di atas, operasional Transjakarta masih berjalan normal. Layanan yang dialihkan akan kembali normal apabila kondisi sudah kondusif serta dapat dilintasi armada bus. 

"Transjakarta juga bekerjasama dengan pihak Polda Metro Jaya guna memastikan keamanan baik pelanggan, petugas di lapangan dan keberlangsungan operasional Transjakarta hari ini," tutur Betris.

 

Sebelumnya, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya mengimbau pengguna kendaraan untuk menghindari kawasan Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Selasa, menyusul aksi unjuk rasa yang melibatkan sejumlah elemen masyarakat.

"Masyarakat diharapkan menghindari ruas jalan di sekitar kawasan Istana Merdeka sebab arus lalu lintas menuju Istana akan ditutup total dan akan dialihkan," kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo.

Massa dijadwalkan berkumpul di kawasan Taman Pandang, Jalan Medan Merdeka, Jakarta Pusat, pukul 10.00 WIB untuk menyuarakan aspirasi menolak Undang-Undang Cipta Kerja.

Mereka berasal dari organisasi buruh, mahasiswa, kepemudaan, hingga organisasi masyarakat (ormas) di wilayah Jakarta dan sekitarnya.

Berikut penutupan dan pengalihan arus lalu lintas di sekitar Istana Merdeka:

1. Arus lalu lintas dari Jalan Veteran Raya yang akan menuju ke Jalan Veteran III diluruskan ke traffic light (TL) Harmoni.

2. Arus lalu lintas dari Jalan Merdeka Timur yang akan menuju ke Jalan Medan Merdeka Utara dibelokkan ke kanan ke Jalan Perwira.

3. Arus lalu lintas dari Jalan Ridwan Rais yang akan menuju ke Jalan Medan Merdeka Selatan diluruskan ke Jalan Medan Merdeka Timur.

4. Arus lalu lintas dari Jalan MH Thamrin yang akan menuju ke Bundaran Patung Kuda dibelokkan ke kiri atau ke kanan Jalan Kebon Sirih.

5. Arus lalu lintas dari Jalan Abdul Muis yang akan belok ke kiri ke Jalan Budi Kemuliaan diluruskan ke Jalan Fachrudin dan arus lalu lintas dari Jalan Fachrudin yang akan belok ke kanan ke Jalan Budi Kemuliaan diluruskan ke Jalan Adul Muis.

6. Arus lalu lintas dari Jalan Tanah Abang II yang akan lurus ke Jalan Museum dibelokkan ke kiri maupun ke kanan, arus lalu lintas dari Jalan Majapahit yang akan belok ke kiri ke Jalan Museum diluruskan ke Jalan Abdul Muis dan arus lalu lintas dari Jalan Abdul Muis yang akan belok kanan ke Jalan Muesum diluruskan ke Jalan Majapahit.

7. Arus lalu lintas dari Jalan Hayam Wuruk yang akan lurus ke Jalan Majapahit dibelokkan ke kiri ke Jalan Juanda dan arus lalu lintas dari Jalan Veteran Raya yang akan belok kiri ke Jalan Majapahit diluruskan ke Jalan Suryo Pranoto maupun dibelokkan ke kanan Jalan Gajah Mada.