Dinkes Sulbar Beri Obat-obatan untuk Korban Banjir Malunda
Ilustrasi banjir. (Foto: ANTARA)

Bagikan:

MAMUJU - Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) menyalurkan bantuan logistik kesehatan untuk korban banjir di Kecamatan Malunda, Kabupaten Majene.

Kepala Dinkes Sulbar Asran Masdy di Mamuju, Sabtu, mengatakan bantuan untuk korban banjir Malunda disalurkan melalui Puskesmas Malunda.

"Bantuan logistik tersebut berupa fasilitas kesehatan dan obat-obatan bagi korban bencana untuk pencegahan penyakit sebagai dampak bencana," kata Asran dikutip dari Antara, Sabtu 28 Mei.

Asran menambahkan, Dinkes Sulbar juga melakukan asesmen kondisi dan kebutuhan puskesmas melalui Rapid Health Assesment (RHA) untuk penanganan bencana.

"Dilakukan asesmen dan pendataan jumlah kebutuhan logistik dan masalah kesehatan, serta pemetaan kapasitas fasilitas dan sumber daya kesehatan, dalam rangka memaksimalkan penanganan bencana banjir bandang di Malunda pada sektor kesehatan," katanya.

Ia mengatakan, tim kesehatan segera turun ke masyarakat melakukan penanganan kesehatan korban banjir.

"Pemerintah berharap bencana ini cepat berlalu dan masyarakat bisa melakukan aktivitas kembali, Dinkes akan berupaya memberikan pelayanan kesehatan secara maksimal," katanya.

Sekadar diketahui, banjir merendam ratusan rumah warga di Kecamatan Malunda setelah hujan deras sejak Kamis 26 Mei sekitar pukul 15.00 Wita.

Lahan pertanian warga juga rusak akibat terendam banjir, dan sejumlah ternak dan kendaraan roda dua milik warga hanyut.

Sejumlah rumah warga juga rusak, serta sejumlah jembatan dan jalan desa rusak dan ratusan warga mengungsi ke tempat lebih tinggi.