Muncul Spanduk 'Kami Butuh Presiden yang Getol Berantas Korupsi, Firli Bahuri untuk Indonesia', KPK: Itu Bukan Program Kami
Spanduk dukungan untuk Ketua KPK Firli Bahuri/DOK ISTIMEWA

Bagikan:

JAKARTA - Spanduk bergambar wajah Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri lagi-lagi terpasang di sejumlah lokasi. Hanya saja, KPK mengaku tak tahu siapa yang melakukan pemasangan tersebut.

Plt Juru Bicara KPK Bidang Penindakan Ali Fikri juga menegaskan pemasangan baliho tersebut bukan bagian dari program lembaganya. Dari foto yang beredar ada dua jenis spanduk berbeda yang dipasang.

Pertama bertuliskan, "Kami butuh presiden yang getol berantas korupsi Firli Bahuri untuk Indonesia".

Sedangkan spanduk kedua, berwarna dasar merah putih. Kemudian, tampak foto Firli tersenyum menggunakan peci terdapat tulisan, "Masyarakat Banten mendesak tokoh antikorupsi maju di Pilpres 2024. #DukungIndonesiaBersih".

"Pemasangan baliho tersebut kami pastikan bukan program KPK," kata Ali kepada wartawan dalam keterangan tertulisnya, Jumat, 27 Mei.

Ali menegaskan KPK hanya melakukan kampanye perihal budaya antikorupsi. Sehingga, isu spanduk semacam ini diharapkan tak berlarut-larut demi mencegah terganggunya fokus KPK dalam melakukan pekerjaannya.

"Isu politik, khususnya pemilihan presiden-wakil presiden pada 2024, terus mengemuka. Kami berharap isu ini tidak menggangu fokus kerja pemberantasan korupsi yang menjadi komitmen KPK," tegasnya.

Ali mengatakan KPK kini juga fokus dalam mewujudkan politik yang berintegritas dan bersih. Namun, langkah ini tak bisa dijalankan sendirian.

"KPK terus mengajak keterlibatan masyarakat, melalui perannya masing-masing, untuk berkolaborasi dan bahu-membahu dalam memberantas korupsi di negeri tercinta ini," pungkasnya.