Panglima TNI Tegaskan Dukung Program Ketahanan Pangan Nasional
Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa/FOTO VIA ANTARA

Bagikan:

JAKARTA - Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa menegaskan TNI siap mendukung program ketahanan pangan yang dilakukan Badan Pangan Nasional (Bapanas) sesuai tugas pokok TNI.

"Kami sangat mendukung program Badan Pangan Nasional untuk ketahanan pangan nasional di seluruh wilayah Indonesia," kata Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa melalui kanal YouTube dikutip Antara, Rabu, 25 Mei.

Panglima mengatakan TNI siap membantu berbagai program stabilisasi ketahanan pangan nasional serta melakukan kerja sama di bidang pangan.

Baik dalam hal pengamanan dan pendistribusian maupun dalam rangka membangun food estate atau lumbung pangan di seluruh Indonesia, ujar Panglima TNI.

"Kami siap membantu Bapanas sesuai tugas pokok TNI," tegas dia.

Tidak hanya siap mendukung dan berjanji, Jenderal Andika mengatakan beberapa tahun terakhir bahkan sebelum pandemi COVID-19, TNI telah membuktikan kerja nyata terkait ketahanan pangan.

Sementara itu, Sekretaris Utama Bapanas Sarwo Edi mengatakan tugas lembaga tersebut ialah mengamankan stabilisasi pangan nasional.

Mulai dari ketersediaan, distribusi, keamanan pangan, hingga keterjangkauan pangan agar mudah dijangkau setiap masyarakat di berbagai wilayah Tanah Air.

Dia menjelaskan yang termasuk ke dalam program yang ditangani Bapanas ialah padi atau beras, jagung, kedelai, daging ayam, daging sapi, telur ayam, bawang merah dan bawang putih, serta cabai.

Menurutnya ketahanan pangan merupakan persoalan nasional. Karena itu, ke depannya, Bapanas akan menyusun proyek percontohan food estate di sejumlah provinsi.