4 Orang Pj Bupati dan Wali Kota di Maluku Dilantik, Polisi Terjunkan 100 Personel Pengamanan
Ilustrasianggota polisi melakukan pengamanan. (Antara)

Bagikan:

AMBON - Sebanyak 100 personel Polresta Pulau Ambon dan PP Lease dikerahkan untuk mengamankan pelantikan empat penjabat bupati dan wali kota di Tribun Lapangan Merdeka Ambon, Selasa 21 Mei.

"Mereka yang ditugaskan melakukan pengamanan ini menjaga area tribun hingga pengaturan lalu lintas di sekitar area tersebut," kata Kasi Humas Polresta Pulau Ambon dan PP Lease Ipda Moyo Utomo di Ambon, dikutip dari Antara, Selasa 24 Mei.

Menurut dia, prosesi pelantikan yang dilakukan Gubernur Maluku Murad Ismail dilanjutkan dengan acara halalbihalal sehingga banyak pejabat provinsi maupun kabupaten/kota dan para undangan lainnya akan memenuhi tribun lapangan.

"Ruas jalan raya utama di sekitar Lapangan Merdeka selalu dipadati kendaraan bermotor sehingga aparat lalu lintas dikerahkan untuk mengatur jalur tersebut," jelas Moyo Utomo.

Untuk diketahui, Mendagri Tito Karnavian telah menunjuk empat orang sebagai penjabat bupati dan wali kota dari empat daerah di Maluku setelah berakhirnya masa jabatan pasangan kepala daerah definitif pada tanggal 22 Mei 2022.

Mereka yang masa jabatannya selaku kepala daerah sudah berakhir adalah Richard Louhenapessy-Syarief Hafler (Wali Kota/wakil Wali Kota Ambon), Ramli Umasugi-Amustafa Besan (Bupati/Wakil Bupati Buru), Timotius Akerina (Bupati Seram Bagian Barat), dan Petrus Fatlolon-Agustinus Utuwaly (Bupati/Wakil Bupati Kepulauan Tanimbar).

Sementara yang dilantik pada hari ini, Selasa 24 Mei, yaitu Bodewin M. Wattimena sebagai Penjabat Wali Kota Ambon, Brigjen TNI Andi Chandra selaku Penjabat Bupati Seram Bagian Barat, Jalaludin Salampessy sebagai Penjabat Bupati Buru, dan Daniel Indey sebagai Pj Bupati Kepulauan Tanimbar.