Beri Kenang-kenangan Pusaka Kujang ke Paus Fransiskus, Ridwan Kamil: Ini Simbol Kekuatan, Semoga Lekas Sembuh
Ridwan Kamil (Foto: Facebook @Ridwan Kamil/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memberikan kenang-kenangan istimewa kepada Paus Fransiskus. Hal ini diunggah Ridwan Kamil melalui akun Facebook resminya @Ridwan Kamil dilansir pada Selasa, 24 Mei. 

Kenang-kenangan yang diberikan Kang Emil--sapaan akrab Ridwan Kamil--berupa Kujang, pusaka asal Jawa Barat. 

"Membuat surat untuk Paus Fransiskus & memberikan Kujang, pusaka asal Jabar yg merupakan simbol dari kekuatan & perlindungan, sebagai kenang-kenangan karena kami tidak bisa bertemu," kata Ridwan Kamil di laman Facebook-nya dilansir VOI, Selasa, 24 Mei. 

Kenang-kenangan tersebut disampaikan Kang Emil melalui Archbishop Paul Richard Gallagher, Sekretaris Vatican untuk Hubungan Kenegaraan, mewakili Paus Fransiskus yang sedang sakit.

"Semoga Paus Fransiskus lekas sembuh & kita dapat bertemu di lain waktu," kata Kang Emil.

Pada awal Mei lalu Ridwan Kamil berbagi cerita melakukan kunjungan kerja ke Eropa untuk bertemu dengan investor dari sejumlah negara. Salah satu agenda Ridwan Kamil adalah mengunjungi Vatikan, Italia, untuk bertemu Paus Fansiskus.

Ridwan Kamil mengaku, Paus Fansiskus memuji Pemprov Jabar terkait Program English For Ulama yang dianggap salah satu cara atau upaya dialog perdamaian.

"Itu ternyata sangat baik di mata internasional jadi ada undangan ke sana," kata Ridwan Kamil, Rabu 18 Mei dikutip dari Antara. 

Menurut dia walaupun ia hanya sebagai gubernur namun melakukan dialog perdamaian penting dilakukan, terlebih saat ini tengah terjadi konflik pada beberapa negara.

"Sekarang itu lagi urgent, Rusia perang dengan Ukraina Israel lagi pasea (berantem) dengan Palestina ya Nah kalau kita tidak saling dialog dunianya makin tidak damai," katanya.