Dihadiri Mahfud MD, 2 KRI Dilibatkan dalam Pencanangan Gerbangdutas di Pulau Talaud
KRI Pulau Raas-722 dan KRI Kakap-811. (ANTARA/HO-Dispen Lantamal VIII)

Bagikan:

MANADO - Menkopolhukam Mahfud MD dan Mendagri Tito Karnavian direncakan menghadiri pencanangan Gerakan Pembangunan Terpadu Perbatasan (Gerbangdutas) di Wanala, Melonguane, Kabupaten Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara (Sulut), 24 Mei 2022.

Kadispen Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) VIII Letkol Laut (KH) Amja Gultom mengatakan, TNI AL melibatkan dua Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) dalam mendukung Gerbangdutas.

"Kedua kapal tersebut adalah KRI Pulau Raas-722 dari Satuan Kapal Ranjau (Satran) Komando Armada II dan KRI Kakap-811 dari Satuan Kapal Patroli (Satrol) Lantamal VIII," katanya di Manado, dikutip dari Antara, Senin 23 Mei.

Selain pencanangan Gerbangdutas, Menkopolhukam dan Mendagri rencananya juga akan melakukan kunjungan kerja sekaligus meninjau Pulau Miangas yang merupakan salah satu pulau terdepan yang berada di Kabupaten Kepulauan Talaud.

Ia mengatakan, selain terlibat dalam pencanangan Gerbangdutas, kedua KRI tersebut melakukan pengamanan wilayah laut di daerah perbatasan yang menjadi rute lintas laut.

Kedua KRI yang bertolak dari Dermaga Satrol Lantamal VIII tersebut mengangkut personel maupun material pendukung yang digunakan dalam kegiatan pencanangan Gerbangdutas mulai dari Bitung, Melonguane, Miangas, Kakorotan, dan kembali lagi ke Bitung dalam rangka mendukung rencana kunjungan dua menteri di Pulau Miangas.