Kemenag Tutup Waktu Pelunasan Bipih, 97,26 Persen Calon Haji Reguler Terkonfirmasi Berangkat ke Makkah
Ilustrasi ibadah Haji di tengah pandemi COVID-19. (Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Sebanyak 89.715 calon haji tercatat sudah melakukan pelunasan Biaya Perjalanan Ibadah Haji (Bipih) 2022. Puluhan ribu calon haji itu dipastikan akan berangkat ke Tanah Suci pada 2022.

Kementerian Agama (Kemenag) diketahui telah menutup batas waktu pelunasan Bipih 2022 sekaligus mengkonfirmasi jemaah calon haji yang berangkat ke Makkah pada tahun ini.

"Sampai ditutup sore ini, 89.715 jemaah telah melakukan pelunasan dan konfirmasi keberangkatan. Artinya, sudah 97,26 persen dari kuota jemaah haji reguler yang berjumlah 92.246," ujar Direktur Layanan Haji Dalam Negeri Kemenag Saiful Mujab, Sabtu, 21 Mei.

"Ini belum termasuk kuota Petugas Haji Daerah dan pembimbing yang berasal dari KBIHU,” sambungnya.

Saiful mengatakan, pelunasan dan konfirmasi keberangkatan bagi jemaah haji dibuka selama dua pekan, 9-20 Mei 2022. Dalam waktu yang bersamaan, Kemenag juga telah memberi kesempatan bagi jemaah untuk melakukan pelunasan dan konfirmasi keberangkatan dengan status cadangan.

Sementara, kata dia, total ada 12.294 jemaah dengan status cadangan telah melakukan pelunasan dan konfirmasi keberangkatan. Menurutnya, konfirmasi keberangkatan harus dilakukan oleh jemaah yang sudah melunasi Bipih.

“Jadi, sisa kuota yang berjumlah 2.531 ini diisi oleh jemaah cadangan yang telah melakukan pelunasan dan konfirmasi keberangkatan yang jumlahnya mencapai 12.294,” pungkasnya.