200 UKM Bakal Ramaikan Perhelatan MXGP Sumbawa
Kepala Dinas Koperasi dan UKM NTB Ahmad Masyhuri. (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) semakin siap menyambut perhelatan Motorcross Grand Prix (MXGP) pada 24-26 Juni 2022. Bahkan Dinas Koperasi dan UKM NTB telah menyiapkan sebanyak 200 pelaku usaha kecil menengah untuk mendukung MXGP yang berlangsung di Samota, Kabupaten Sumbawa itu.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM NTB Ahmad Masyhuri mengatakan 200 UKM yang akan dilibatkan di perhelatan MXGP Samota, 80 persen bergerak di bidang kuliner, dan sisanya, 20 persen bidang kerajinan seperti suvenir dan pakaian. "Nanti ada 200 tenda yang kami siapkan. Kami belum tahu satu tenda itu bisa muat berapa UKM dan berapa harga yang ditawarkan, karena semuanya diserahkan ke pihak ketiga," ujarnya dikutip Antara, Minggu 15 Mei.

Ia menjelaskan dari 200 UKM tersebut terbesar dialokasikan untuk UKM di Kabupaten Sumbawa dan empat kabupaten dan kota lain yang ada di Pulau Sumbawa.

"Kalau UKM yang dari Pulau Lombok itu sebesar 15 persen. Jadi, tidak banyak," terangnya.

Masyhuri mengatakan seluruh UKM tersebut akan ditempatkan di areal sirkuit. Hanya saja, untuk lokasi UKM tersebut akan berjualan belum difinalkan dengan pihak panitia.

"Karena selain di dalam areal sirkuit juga akan ada ditempatkan di lokasi camping ground. Hanya seperti apa kami juga belum tahu pasti," kata Masyhuri.

Dibandingkan MotoGP di Sirkuit Mandalika, biaya sewa yang akan dikenakan per UKM jauh lebih murah di sekitar angka Rp5 juta.

"Kalau di MotoGP itu Rp60 juta maka di MXGP ini biaya sewanya kira-kira Rp5 juta," ujarnya.

Mantan Kepala Biro Kesra Setda NTB ini optimistis dengan perhelatan MXGP Samota, sektor UKM dan UMKM di NTB terus tumbuh. Terlebih dengan banyaknya kegiatan yang akan datang selanjutnya diselenggarakan di NTB.

"Kita harus optimis dan tidak boleh pesimis, bahwa UKM dan UMKM kita akan sukses," katanya.