Minggu 8 Mei, 40.900 Orang Pengguna Transportasi Massal Kereta Api Jarak Jauh Tiba di Jakarta
Foto: Rizky Sulistio/VOI

Bagikan:

JAKARTA - Moda transportasi massal kereta api (KA) masih banyak diminati masyarakat khususnya bagi para pemudik lebaran. Hampir setiap tahun, sebagian besar masyarakat di Jakarta dan kota lainnya memanfaatkan jasa transportasi jalur darat itu untuk berpergian ke sejumlah kota di pulau Jawa.

Sementara pada libur lebaran 2022, ratusan ribu masyarakat menggunakan transportasi massal kereta api jarak jauh (KAJJ) pada periode 22 April hingga 8 Mei untuk berangkat mudik hari raya Idulfitri 1443 H.

Dari jumlah itu, ratusan masyarakat yang sempat mudik lebaran mulai kembali ke Jakarta pada Minggu 8 Mei.

Humas Daop 1 Jakarta mencatat, jumlah kedatangan penumpang dari daerah lain tujuan Daop 1 Jakarta saat ini sudah mulai terdapat peningkatan. Secara total untuk hari Minggu 8 Mei ini, terdapat sekitar 40.900 penumpang yang akan turun di area Daop 1 Jakarta.

"Dari jumlah tersebut, 14.900 kedatangan penumpang (turun) di Stasiun Gambir dan 15.200 penumpang di Stasiun Pasar Senen," ujar Kahumas Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa saat dikonfirmasi VOI, Minggu, 8 Mei, siang.

Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen menjadi tempat tujuan utama dengan jumlah penumpang terbanyak yang tiba di Jakarta.

"Di Stasiun Bekasi ada 4.200 penumpang yang turun, Stasiun Jatinegara ada 3.800 penumpang. Sementara, 2.800 penumpang lainnya merupakan jumlah penumpang datang di Stasiun Cikampek, dan Jakartakota," kata Eva.

Daop 1 Jakarta memastikan, lanjut Eva, seluruh penumpang yang turun telah memenuhi persyaratan perjalanan karena telah dilakukan pemeriksaan di stasiun awal keberangkatan.

"Penumpang datang dihimbau agar tidak perlu terburu-buru saat turun dari kereta. Pastikan seluruh barang bawaan yang ada di area tempat duduk dan bagasi tidak tertinggal," ucapnya.

Sebelumnya diberitakan, Direktorat Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo juga menegaskan, puncak arus balik kendaraan pemudik ke Jakarta akan terjadi pada hari Minggu 8 Mei.

Hal itu disebutkannya sesuai perkiraan dari Kementrian Perhubungan dan data yang dimiliki Ditlantas Polda Metro Jaya.

"Kita perkirakan puncak arus balik akan ada pada hari Minggu 8 Mei," ujar Kombes Sambodo kepada wartawan, Kamis, 5 Mei.

Pada puncak arus balik pemudik, Kombes Sambodo menyebutkan jumlah kendaraan terbanyak yang masuk ke Jakarta akan mencapai 269.444 kendaraan.