Kapolri Buka Kemungkinan Terapkan <i>One Way</i> dari Tol Kalikangkung Hingga Semanggi
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. (Foto: Dok. Polda Banten)

Bagikan:

JAKARTA - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo membuka kemungkinan memperpanjang skema one way untuk mencegah kemacetan saat arus balik Lebaran 2022.

Skema yang sebelumnya berawal dari ruas Tol Kalikangkung KM 414 hingga Jakarta-Cikampek KM 3+500, bisa diperpanjang hingga ruas tol Semanggi, Jakarta.

"Upaya itu kami siapkan sebagai skenario apabila terjadi kemacetan panjang dan ini akan terus dievaluasi sehingga semuanya berjalan dengan baik," ujar Listyo Sigit saat meninjau Pelabuhan Bakauheni, Lampung, Sabtu, 7 Mei.

Hanya saja, perpanjangan rute one way itu harus melalui pertimbangan yang matang terlebih dulu. Terutama merujuk pada kondisi di lapangan.

Selain itu, jenderal bintang empat ini meminta jajarannya untuk tetap melakukan pengawalan dan pengamanan di jalan alternatif saat pemberlakukan one way. Harapannya, masyarakat tak terganggu dengan kebijakan yang dibuat tersebut.

"Dengan begitu diharapkan semua berjalan dengan baik dan lancar," kata Sigit.

Ada pun, Polri menerapkan skema one way atau satu arah dari ruas Tol Kalikangkung hingga Jakarta-Cikampek (Japek) KM 3+500. Keputusan perpanjangan skema ini dikarena jumlah kendaraan arah Jakarta terus meningkat.

"Iya sudah (penerapan skema one way dari KM 414 hingga KM 3+500, red)," ujar Kabag Ops Korlantas Polri Kombes Eddy Djunaedi.

Skema one way ini telah diberlakukan sejak pukul 07.10 WIB hingga berakhir pada pukul 16.35 WIB. Diakhirinya penerapan skema ini karena polisi memutuskan memberlakukan contraflow.

Skema lawan arus ini juga diterapkan di ruas Jakarta-Cikampek KM 3+500 hingga Gerbang Tol (GT) Cibitung KM 25. Tujuannya penerapan ini guna mengurai kemacetan yang terjadi di jalan arteri di Bekasi Kota dan Kabupaten.