Baru 40 persen Kendaraan Pulang ke Pulau Jawa dari Sumatera, Menhub: Hal Ini Bakal Jadi Permasalahan Serius
Kendaraan memadati Pelabuhan Bakauheni (Foto via ANTARA/Agus Wira Sukarta)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumardi mengaku khawatir setelah melihat data kendaraan yang pulang ke Pulau Jawa dari Sumatera. Pasalnya, berdasarkan data, baru 40 persen kendaraan yang kembali dari Sumatera.

Itu artinya, masih ada 60 persen yang belum menyeberang ke Pulau Jawa pada arus balik Lebaran 2022. Menurutnya, itu merupakan angka yang mengkhawatirkan.

Hal ini berkaca pada arus mudik Lebaran 2022 beberapa waktu lalu. Seperti diketahui, terjadi kemacetan hingga 10 kilometer di Pelabuhan Merak akibat banyaknya kendaraan yang hendak menyeberang ke Pulau Sumatera.

"Bisa dibayangkan kalau 45 ribu atau 50 ribu kendaraan bergerak di hari yang sama, hal ini bakal jadi permasalahan serius karena pelayanan bisa jadi tidak baik," kata Menhub Budi Karya, seperti dikutip Antara.

Dia khawatir kemacetan parah yang terjadi di Pelabuhan Merak saat arus mudik, kembali terjadi saat arus balik di Pelabuhan Bakauheni Lampung.

Oleh karena itu, lanjut dia, sesuai dengan apa yang disampaikan oleh Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo bahwa seyogyanya pemudik yang akan ke Jakarta atau Jawa tidak pulang secara bersamaan pada esok hari atau Minggu, 8 Mei.

"Tundalah kepulangannya, jangan besok, namun bisa hari Senin atau Selasa pulangnya agar tidak terkena kemacetan," kata dia.