Petugas Pos Pam Prediksi Jalur Kalimalang akan Padat Kendaraan Malam Ini Hingga Besok
Kawasan Kalimalang Jakarta Timur/ Foto: Antara

Bagikan:

JAKARTA – Hari ke-4 Idulfitri, jalan perlintasan Kalimalang, Jakarta Timur masih dipadati aktivitas penduduk setempat. Belum terlihat adanya arus balik pemudik menggunakan sepeda motor.

Koordinator Pos Pam Pangkalan Jati Aiptu Urip Operasianto memprediksi pemudik sepeda motor maupun kendaraan pribadi mulai ramai malam ini, atau besok, Minggu, 8 Mei.

"Hari ini sama kemarin (Jumat-red) masih landai ya, belum ada peningkatan signifikan. Lalu lintas masih didominasi warga setempat," kata Urip, mengutip Antara, 7 Mei.

Kondisi serupa juga terpantau di Pos Pantau Operasi Ketupat Polsek Duren Sawit dekat pintu Tol Jatiwaringin.

Di lokasi tersebut diberlakukan rekayasa lalu lintas berupa sistem satu arah, kendaraan keluar tol yang boleh melintas, sedangkan kendaraan yang akan masuk menuju Karawang, Bandung, dan sekitarnya, dialihkan menggunakan jalur arteri ke arah Cibubur, lalu tembus ke Cianjur.

"Terhitung sejak pukul 24.00 WIB tadi malam sudah diberlakukan satu arah (one way) dari Kalikangkung menuju Cikampek. Pintu tol Jatiwaringin saat ini diberlakukan satu arah," kata AKP Agus Chriatianto, petugas pos pantau ditemui di lokasi.

Menurut Agus, belum ada dampak signifikan dari kebijakan sistem satu arah ini, namun banyak masyarakat yang komplain atau protes karena harus memutar jauh.

"Dampaknya belum ada yang signifikan, cuma itu saja, masyarakat banyak yang protes, ya kita arahkan saja untuk gunakan jalur arteri," kata Agus.

Sementara itu, arus lalu lintas dari Pangkalan Jati menuju Bekasi Barat terpantau alami kemacetan, kendaraan roda 2 hanya bisa melintas dengan kecepatan 20 km per jam dengan mengambil sisi kiri jalan, sedangkan kendaraan roda 4 mengalami antrean cukup panjang sampai ke arah Jalan Haji Anam hingga Mega Mall Bekasi.

Kalimalang merupakan jalur mudik favorit pengguna sepeda motor dengan tujuan Jawa Barat maupun Jawa Tengah. Terdapat sejumlah pintu tol yang mengarah ke Tol Cikampek hingga Semarang.