<i>One Way</i> Arah Jakarta Dimulai, Pemakai Kendaraan ke Bandung dan Semarang Bisa Manfaatkan Rute Alternatif Ini
Ilustrasi one way Tok Kalikangkung hingga Tol Jakarta-Cikampek. (Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Kakorlantas Polri menerapkan rekayasa lalu lintas satu arah atau one way mulai dari KM 414 Tol Kalikangkung menuju KM 47 Tol Jakarta-Cikampek mulai pukul 14.00 WIB, hari ini Jumat 6 Mei.

Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan meminta pemakai kendaraan dari arah Jakarta yang menuju Bandung dan Semarang mengantisipasi one way arus balik Lebaran tersebut.

"Sesuai dengan Surat Keputusan Bersama (SKB) Dirjen Perhubungan Darat, Kakorlantas Polri dan Dirjen Bina Marga tanggal 13 April 2022 tentang Pengaturan Lalu Lintas Jalan Selama Angkutan Lebaran 2022/1443 H, rekayasa lalu lintas one way akan diberlakukan pada 6-8 Mei 2022," kata Dwimawan dalam keterangan tertulis, Jumat 6 Mei.

Untuk mengantisipasi pemberlakuan one way, Jasa Marga mengimbau pengguna jalan untuk menggunakan sejumlah rute alternatif perjalanan dari Jakarta menuju Bandung dan Semarang.

Berikut rute alternatif dari Jakarta menuju Bandung dan Semarang:

Adapun rute-rute alternatif ke arah Bandung antara lain melalui Jalan Tol Jagorawi, lalu keluar melalui GT Ciawi Km 45 arah Puncak, yang dilanjutkan melalui perjalanan non tol melalui Cisarua, Cipanas, Cianjur, Sukaluyu, Cipatat hingga masuk ke GT Padalarang Km 120 Jalan Tol Padaleunyi menuju arah Bandung dan sekitarnya.

Masyarakat juga bisa mengambil rute alternatif lainnya melalui Jalan Tol Jagorawi, lalu keluar melalui GT Cibubur Km 13 arah Puncak, yang dilanjutkan melalui perjalanan non tol melalui Cileungsi, Jonggol, Cianjur hingga masuk ke GT Padalarang Km 120 Jalan Tol Padaleunyi menuju arah Bandung dan sekitarnya.

Rute alternatif lainnya ke arah Bandung yakni melalui jalan non tol Kalimalang, Kedung Waringin, Karawang, Purwakarta, Wanayasa, Lembang hingga Bandung dan sekitarnya.

Dan rute alternatif berikutnya melalui jalan non tol Kalimalang, Kedung Waringin, Karawang, Purwakarta, hingga masuk ke GT Sadang Km 76 Jalan Tol Cipularang menuju arah Bandung dan sekitarnya.

Sedangkan rute alternatif menuju Semarang bisa melalui Jalan Tol Dalam Kota, lalu keluar melalui Cawang / Halim Km 2 arah Cawang, yang dilanjutkan melalui perjalanan non tol melalui MT Haryono, Kalimalang, Karawang, Purwakarta, Cirebon, Brebes, Kendal hingga Semarang dan sekitarnya

Masyarakat juga bisa mengambil rute alternatif lainnya melalui Jalan Tol JORR Seksi E, lalu keluar melalui Pd. Kelapa / Kranji Km 47 baik arah Cakung maupun arah Jati Asih, dilanjutkan melalui perjalanan non tol melalui Kalimalang, Karawang, Purwakarta, Cirebon, Brebes, Kendal hingga Semarang dan sekitarnya

"Jasa Marga memohon maaf kepada pengguna jalan yang terdampak rekayasa lalu lintas one way serta memohon pengguna jalan untuk bersabar, bergantian untuk menggunakan lajur jalan tol untuk terwujudnya arus balik yang aman dan nyaman," tandasnya.