Silaturahmi ke Jawa Timur, Prabowo Dinilai Dekati Khofifah untuk Pilpres 2024
Menhan yang juga Ketum Gerindra Prabowo Subianto bersama Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa/DOK HUMAS SETJEN KEMHAN

Bagikan:

JAKARTA - Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dinilai tengah mendekati Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parwansa untuk maju di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Penilaian ini disampaikan Direktur Eksekutif Indonesia Political Review, Ujang Komarudin. Dia menilai langkah Prabowo bersilaturahmi ke Jawa Timur untuk bertemu Khofifah pada Selasa, 3 Mei kemarin.

"Bisa saja Pak Prabowo sedang pendekatan dengan Khofifah," kata Ujang saat dihubungi VOI, Rabu, 4 Mei.

Dia mengatakan langkah ini sangat mungin dilakukan Prabowo. Apalagi, Ujang sempat mendengar informasi ada tim dari mantan Danjen Kopassus itu berupaya menemui Khofifah beberapa waktu lalu.

"Tahun lalu bahkan saya mendengar ada tim Prabowo untuk mendekati Khofifah. Jadi silaturahmi pendekatan tersebut bisa mengarah Prabowo-Khofifah," tegasnya.

Hanya saja, Ujang menilai, pendekatan ini masih bisa goyang nantinya. Apalagi, hal tersebut ditentukan dengan dinamika politik yang bisa terus berkembang.

"Namun semuanya tergantung pada dinamika politik yang berkembang hingga nanti," ujarnya.

Pengamat politik ini juga menyebut Prabowo melihat potensi yang dimiliki Khofifah sebagai Gubernur Jawa Timur dan kader Nahdlatul Ulama (NU). Sehingga, pendekatan berusaha dilakukan.

"Bukan hanya sebagai tokoh perempuan NU. Khofifah juga sebagai Gubernur dengan jumlah suara kedua terbesar di Indonesia setelah Jawa Barat," jelas ujang.

Diberitakan sebelumnya, Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto bertemu dengan kiai hingga Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa dalam kunjungannya ke Jawa Timur. Kunjungan dilakukan dalam momen Hari Raya Idulfitri 1443 Hijriah.

Prabowo bertemu Khofifah di Gedug Grahadi, Surabaya, Jawa Timur. Dalam pertemuan itu, Prabowo dan Khofifah saling mengucapkan selamat hari raya. "Minal Aidin wal Faizin, Bu Khofifah," kata Prabowo.

"Mohon maaf lahir batin Pak Prabowo, monggo Pak," sambut Khofifah di lobi Gedung Grahadi.

Dalam kesempatan itu, Prabowo didampingi Khofifah sempat melihat foto Gubernur Jawa Timur terdahulu. Selanjutnya, sambil menyantap makan malam keduanya sempat berdiskusi.

Pada diskusi itu, seperti yang disampaikan Muzani, Khofifah menyampaikan keberhasilan sepuluh kabupaten di Jawa Timur yang mampu menyuplai kebutuhan pangan untuk wilayah Indonesia Timur.

Selain itu, Khofifah juga memamerkan bahwa buah nanas merupakan salah satu produk pertanian unggalan dari Jawa Timur. Buah nanas tersebut berasal dari bibit unggulan yang benihnya ditemukan dari Institut Pertanian Bogor (IPB) dan ditanam di lereng Gunung Kelud.

"Nanas ini ditanam dari lereng Gunung Kelud. Salah satu bibit unggulan yang benihnya ditemukan dari kampus IPB," kata Muzani.

Usai pertemuan tersebut, Prabowo dan Khofifah saling bertukar buku. Prabowo memberikan dua buku ciptannya berjudul Paradoks Indonesia dan Kepemimpinan Militer yang telah ditandatanganinya.

Sementara Khofifah memberikan buku berisi cerita perjalanan dan kerjanya sebagai Gubernur Jawa Timur.