Buka 2 Dermaga Tambahan di Pelabuhan Merak Banten, Menhub: Terjadi Penurunan Antrean Kendaraan
Ilustrasi pelabuhan Merak, Banten (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Kepadatan kendaraan arus mudik di Pelabuhan Merak, Banten, terpantau sudah mengalami penurunan. Hal ini disampaikan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumardi setelah memantau langsung pada Sabtu, 30 April.

Menurut Budi Karya, penurunan ini terjadi setelah Kemenhub menambah dua dermaga di Pelabuhan Merak, yakni Indah Kiat dan Ciwadan.

"Sore ini, kondisi terlihat lebih lancar dan berdasarkan pengecekan di Posko ASDP, terjadi satu penurunan antrean kendaraan menjadi lebih pendek," kata Budi Karya, seperti dikutip Antara.

Menhub mengungkapkan, selain dua pelabuhan tambahan, juga telah disiapkan kapal tambahan. Di Dermaga Ciwandan bertambah sebanyak sembilan kapal dan Dermaga Indah Kiat ditambah dua kapal.

"Di Merak sendiri sudah ada 44 kapal. Jadi total sekarang sudah ada 53 kapal," tuturnya.

Dengan adanya dua pelabuhan dan kapal tambahan, diklaim dapat mengalihkan sekitar 3.000 penumpang sehingga dapat memecah kepadatan yang ada di Merak.

Berdasarkan data ASDP, pergerakan penumpang di Pelabuhan Merak mencapai sekitar 37 ribu kendaraan pada Jumat kemarin, atau lebih tinggi daripada jumlah penumpang mudik pada tahun 2019 yang mencapai puncak sekitar 28 ribu kendaraan dalam sehari.

Seperti diketahui, animo masyarakat sangat tinggi yang mengakibatkan terjadinya kemacetan panjang di arteri dan jalan tol menuju Pelabuhan Penyeberangan Merak.