One Way Efektif Kurangi Kepadatan Arus Mudik, Kapolri: Waktu Tempuh Kendaraan 3,5 Jam dari Cikampek Sampai Kalikangkung
Gerbang Tol Kalikangkung Srmarang. ANTARA/I.C.Senjay

Bagikan:

JAKARTA - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo skema one way di ruas tol cukup efektif mengurangi kepadatan. Meski berdasarkan data kendaraan yang melintas ruas tol khususnya Jakarta-Cikampek KM 48 semakin bertambah.

"Sampai saat ini walaupun arusnya di laporkan oleh temen-temen dari Jasa Marga terus meningkat namun sampai sekarang kemacetannya masih bisa dihindari," ujar Sigit kepada wartawan, Jumat, 29 April.

Daari laporan yang diterima, rombongan kendaraan pertama yang melintas saat skema itu diterapkan hanya membutuhkan waktu 3,5 jam untuk sampai di ruas tol Kalikangkung KM 414.

Dengan begitu, skema ini cukup efektif untuk mengurai kemacetan. Meski demikian, jenderal bintang empat ini dan jajarannya akan terus mengevaluasi kekurangan skema tersebut untuk menghadapi puncak arus mudik.

"Dengan rekayasa one way ini kita harapkan ini betul-betul bisa mengurai dan membuat masyarakat yang akan kembali mudik betul-betul bisa nyaman karena kemacetannya bisa kita kurangi," kata Sigit.

Sebelumnya, Kapolri menyatakan berdasarkan data 58 ribu kendaraan telah melintas di ruas tol Jakarta-Cikampek KM 48. Bahkan, ribuan kendaraan melintas setiap jam.

"Informasi terakhir sampai saat ini sudah kurang lebih 52 ribu kendaraan yang melintas tol di KM 48 dan kemudian per jam nya sudah mencapai 5 ribu," ujar Sigit.