Kenaikan Harga Bahan Pokok di Temanggung Ramah di Dompet, Telur Ayam Naik Rp2.000 dan Bawang Merah Rp5.000
Wakil Bupati Temanggung Heri Ibnu Wibowo memantau harga dan persediaan kebutuhan pokok menjelang Lebaran (Via ANTARA)

Bagikan:

TEMANGGUNG - Harga beberapa kebutuhan pokok di pasar tradisional Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, bergerak naik menjelang Lebaran 2022. Namun demikian kenaikan ini masih ramah di dompet dan terjangkau warga.

Wakil Bupati Temanggung Heri Ibnu Wibowo usai memantau persediaan kebutuhan pokok di pasar tradisional dan Gudang Bulog Bengkal menyampaikan, ada beberapa kebutuhan pokok yang bergerak naik.

Berdasarkan pantauan di Pasar Kranggan, Temanggung, harga kebutuhan pokok yang naik antara lain telur ayam, daging ayam, dan bawang merah.

Harga telur ayam dari 24.000 per kilogram menjadi Rp26.000 per kilogram, bawang merah dari Rp35.000 per kilogram menjadi Rp40.000 per kilogram, dan daging ayam ras dari Rp38.000 per kilogram menjadi Rp40.000 per kilogram.

Pedagang sembako di Pasar Kranggan, Siti Sumiyati mengatakan menjelang Lebaran memang harga kebutuhan pokok cenderung naik.

Ia menyebutkan, dalam sepekan terakhir harga kebutuhan pokok cenderung naik. Namun ada juga yang tetap stabil, seperti gula pasir Rp14.000 per kilogram, bahkan harga bawang putih justru turun dari Rp26.000 menjadi Rp24.000 per kilogram.

Pedagang daging ayam Sudarti menuturkan harga daging ayam hari ini naik dari Rp38.000 per kilogram menjadi Rp40.000 per kilogram.

"Harga daging ayam sejak pekan lalu terus naik dan sekarang mencapai Rp40.000 per kilogram," katanya.

Sementara itu, Wakil Bupati Temanggung Heri Ibnu Wibowo menyebutkan bahwa stok beras Bulog di Gudang Bengkal sekitar 1.500 ton atau bisa untuk mencukupi kebutuhan masyarakat hingga enam bulan ke depan. "Apalagi saat ini sudah mulai panen, sehingga persediaan beras aman," katanya.

Selain beras, katanya, Bulog juga memiliki persediaan gula pasir dan gandum. Namun untuk daging kerbau beku biasanya Bulog menyediakan, namun kali ini lagi kosong.