Minimalisir Kejahatan saat Mudik Lebaran, Kapolda Metro Irjen Fadil Siagakan Anggota 24 Jam
Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran (Foto: Rizky AP/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran menyiagakan anggota yang berjaga dalam pengamanan mudik Lebaran 2022 selama 24 jam. Tujuannya untuk mencegah terjadinya tindak kejahatan seperti jambret dan pencurian modus bius.

Pernyataan itu disampaikan Kapolda Irjen Fadil saat meninjau kondisi Mudik Lebaran di Stasiun Pasar Senen bersama Menteri Perbubungan Budi Karya Sumadi.

"Kami sudah menyiagakan 24 jam anggota agar kejahatan-kejahatan seperti misalnya bius, copet, jambret dan sebagainya kita minimalisir," ujar Fadil kepada wartawan, Rabu, 27 April.

Berdasarkan pemantauan di Stasiun Pasar Senen sampai saat ini, Fadil mengklaim belum menemukan terjadinya tindak kriminalitas. Pihaknya pun sudah berkoordinasi dengan PT KAI untuk menggunakan kamera CCTV dalam pengawasan.

"Sehingga semua perilaku-perilaku yang berniat untuk melakukan kejahatan dapat diatasi melalui monitoring yang ada di posko," ungkapnya.

Meski telah menyiapkan pengamanan, Fadil mengimbau masyarakat untuk tetap waspada dengan situasi dan kondisi di sekitarnya.

Selain itu, masyarakat pun diimbau untuk merencanakan perjalanan mudik secara matang. Sehingga, tak terjebak kemacetan.

"Yang keberangkatan juga harus diatur agar tidak terjadi penumpukan, karena itu menjadi konstetrasi kami. Karena makin ramai makin tinggi kemacetan," kata Fadil.

Sebagai informasi, puncak arus mudik Lebaran 2022 diprediksi terjadi pada 28 dam 29 April. Diperkirakan 85 juta masyarakat bakal pulang ke kampung halaman masing-masing.