Bagikan:

JAKARTA - Sebanyak empat kios di Senen, Jakarta Pusat turut terbakar akibat pembakaran halte Transjakarta saat unjuk rasa penolakan Undang-Undang Cipta Kerja yang berlangsung kemarin, Kamis, 8 Oktober.

Gubernur DKI Jakarta Anies baswedan pagi ini meninjau lokasi kios, halte Transjakarta, hingga Bioskop Grand Theater Senen yang mengalami rusak akibat terbakar.

Barang-barang dagangan di empat kios tersebut ludes dilahap api. Saat di lokasi, Anies menyebut Pemprov DKI akan membantu para pemilik kios untuk bisa kembali membuka usahanya dengan memberi pinjaman modal.

"Pemprov akan panggil semua pengusaha yang terdampak akibat kejadian kemarin, yang punya usaha perbukuan dan lainnya, nanti akan kita bantu untuk dapat permodalan agar mereka bisa kembali aktivitas lagi," ucap Anies di lokasi, Jumat, 9 Oktober.

Sejumlah ruko di Senen yang terbakar dari rembetan kebakaran Bioskop Grand Theater Senen (Diah Ayu Wardani/VOi)

Saat ini, sejumlah petugas pemadam kebakaran masih menyisir titik panas sisa api dan melakukan pendinginan hingga ke ruko di sebelah bioskop yang ikut terkena dampak kebakaran.

Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan DKI menerjunkan 170 personel dan 33 unit mobil pemadam kebakaran untuk memadamkan api sejak semalam.

Selain petugas pemadam kebakaran, di sekitar lokasi ada juga petugas dari Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) yang membersihkan saluran agar air dari lokasi kebakaran tidak tersumbat material sisa aksi.

Anies mengaku jajarannya masih menghitung kerugian akibat pembakaran di lokasi ini, selagi petugas menlakukan proses pendinginan. "Mudah-mudahan, siang ini proses pemadaman tuntas," ungkap dia.

Berdasarkan informasi yang disampaikan Dinas Pemadam DKI Jakarta melalui akun Twitter @humasjakfire, kebakaran terjadi di Halte Transjakarta pada pukul 21.30 WIB. Kobaran api sempat mengecil, namun kemudian kembali membesar sekitar pukul 23.00 WIB.

Sampai akhirnya, api mulai padam sekitar pukul 04.00 WIB. Dampaknya, gedung bekas bioskop Grand Theater Senen, empat kios hingga dua kendaraan pekerja konstruksi simpang lima Senen ikut terbakar.