Aksi Anarkis di Jakarta Meluas, Halte Transjakarta Senen Dibakar
Ilustras/DOK. VOI/Diah Atyu W

Bagikan:

JAKARTA - Aksi anarkistis meluas di wilayah Jakarta. Halte Transjakarta jadi amukan massa. 

Setelah halte Transjakarta Bundaran HI, kini halte Transjakarta Senen, Jakarta Pusat dibakar massa. Massa ini bergerak dari kawasan Monas setelah dihalau karena mengarah ke Istana.

Dari informasi yang dihimpun, halte Transjakarta Senen ludes terbakar. Api membubung tingggi di halte yang berdekatan dengan Atrium Senen.

Sebelumnya, Kepala Divisi Sekretaris Korporasi dan Humas PT Transportasi Jakarta, Nadia Diposanjoyo menyebut sebanyak 18 halte Transjakarta rusak karena ricuh.

Perusakan ini buntut aksi unjuk rasa penolakan Undang-Undang Cipta Kerja di sejumlah wilayah di Jakarta, aksi ini menimbulkan bentrokan antara peserta aksi dan aparat kepolisian.

"Hingga pukul 20.30 WIB baru diketahui  sebanyak 18  halte Transjakarta rusak oleh oknum tidak bertanggung jawab," kata Nadia dalam keterangannya, Kamis, 8 Oktober.

Nadia menyebut, ada sejumlah halte yang dibakar oleh oknum peserta aksi. Saat itu, api mulai terlihat sekitar pukul 17.07 WIB. 

"Semua petugas dan pelanggan kami yang berada di lokasi juga sudah berhasil dievakuasi dengan selamat dan tidak ada korban jiwa," ungkap Nadia.

Adapun estimasi kerugian yang dialami Transjakarta sedikitnya mencapai Rp45 miliar. Angka ini masih akan terus bertambah, seiring pendataan kerugian yang masih dihitung.