Bagikan:

JAKARTA - Terminal Kalideres, Jakarta Barat menyediakan gerai vaksin dosis ketiga atau penguat (booster)  guna memudahkan para pemudik melengkapi persyaratan perjalanan agar selain membantu program pemerintah,  juga mencegah penularan COVID-19 pada musim Lebaran tahun ini.

"Gerai vaksin di Terminal Kalideres buka pada Senin–Jumat mulai pukul 08.00 sampai 12.00 WIB," kata salah seorang petugas kesehatan Novi, saat ditemui di Terminal Kalideres, Jakarta, Selasa 26 April.

Ia menjelaskan, syarat untuk melakukan vaksin penguat adalah menunjukkan tanda pengenal KTP dan sertifikat vaksin dosis kedua melalui aplikasi PeduliLindungi.

Jarak antara dosis vaksin kedua dan penguat minimal tiga bulan.

Gerai tersebut menerima layanan vaksin untuk para penumpang yang akan melakukan perjalanan pada hari yang sama maupun jauh-jauh hari sebelum keberangkatan.

Namun, pemudik diimbau untuk melakukan vaksin penguat jauh-jauh hari agar terhindar dari potensi munculnya reaksi medis yang dapat mengganggu kondisi fisik penumpang.

“Untuk jenis vaksinnya berbeda-beda tergantung yang tersedia di puskesmas, bisa Pfizer atau AstraZeneca,” ujarnya.

Layanan gerai vaksin di Terminal Kalideres rencananya akan tersedia sampai Kamis (28/4).

Masyarakat yang belum bisa melakukan vaksin penguat karena tidak memenuhi syarat, maka Terminal Kalideres juga menyediakan gerai pemeriksaan tes swab cepat antigen dan PCR, baik gratis maupun berbayar.

Sementara itu, orang dengan penyakit bawaan sehingga tidak dapat divaksin wajib membawa surat keterangan dokter dan hasil negatif tes PCR agar bisa melakukan perjalanan mudik menggunakan bus.