TMII, Ancol Hingga Ragunan Diprediksi Bakal Padat Pengunjung, Dishub Siapkan Strategi ini
Wisatawan di Ancol, Jakarta Utara (ANTARA/Dewa Ketut Sudiarta Wiguna)

Bagikan:

JAKARTA - Dinas Perhubungan DKI Jakarta menyiapkan sekitar 300 personel untuk mengawasi sejumlah tempat wisata di Ibu Kota guna mengantisipasi kepadatan lalu lintas saat libur Lebaran.

"Rata-rata kami plot 300 personel di seluruh kawasan wisata," kata Kadishub DKI, Syafrin Liputo di Jakarta, Senin 25 April dikutip dari Antara.

Tempat wisata di DKI Jakarta yang diperkirakan akan padat pengunjung saat libur Lebaran di antaranya Taman Margasatwa Ragunan, Taman Impian Jaya Ancol dan Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

Pihaknya akan membantu polantas untuk ikut mengatur lalu lintas di tempat wisata tersebut terutama di jalur-jalur utama menuju tempat wisata.

Tak hanya di tiga tempat wisata populer di Jakarta itu, pihaknya juga mengawasi pergerakan masyarakat di Pelabuhan Kali Adem menuju Kepulauan Seribu.

"Kami antisipasi pergerakan masyarakat ke Kepulauan Seribu yang akan melintas melalui Pelabuhan Kali Adem, kami tempatkan petugas di pos tersebut," ucapnya.

Sementara itu, pihaknya tetap tidak menerapkan aturan ganjil genap di tempat wisata seperti aturan sebelumnya.

Meski begitu, pihaknya akan berkoordinasi dengan petugas kepolisian untuk melakukan manajemen rekayasa lalu lintas.

"Untuk saat ini tidak ada pengaturan ganjil genap di tempat wisata tapi kami akan melakukan koordinasi dengan kepolisian untuk melakukan manajemen rekayasa lalu lintas setempat," ucapnya.

Sedangkan di 13 ruas jalan di Ibu Kota juga tidak diberlakukan ganjil genap saat libur Lebaran mulai 29 April hingga 8 Mei 2022.