7 Hari Sebelum Lebaran, Semua Jalan Nasional dan Provinsi di Banten Bakal Mulus
Foto via Antara

Bagikan:

JAKARTA - Pemprov Banten memastikan perbaikan semua jalan nasional dan jalan yang menjadi kewenangan provinsi bakal rampung tujuh hari sebelum Lebaran 2022.

"Paling perbaikan ringan yang berlubang-lubang. Perkiraan kita H-7 Lebaran selesai," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Banten Arlan Marjan di Serang, Banten, Jumat 22 April dikutip dari Antara.

Secara umum dari sekitar 762 kilometer jalan yang menjadi kewenangan provinsi, sudah dalam kondisi baik dan hanya tinggal sekitar 2 persen atau sekitar 18 kilometer yang membutuhkan perbaikan.

"Jalan yang rusak itu tinggal 2 persen atau sekitar 18 kilometer di wilayah Banten selatan," kata Arlan.

Arlan mengatakan dalam menghadapi arus mudik Lebaran 2022, secara umum infrastruktur di Provinsi Banten dalam kondisi baik.

"Kami sudah berkoordinasi dengan BPJN untuk jalan tol dan jalan-jalan yang memang akan menjadi penyangga utama dari jalur mudik dari Provinsi Banten ini ada di jalan tol dan jalan non tol," katanya.

Untuk jalan tol, menurut dia, pihaknya sudah berkoordinasi dan pihak tol menargetkan H-10 lebaran sudah selesai perbaikan jalan dan jembatan yang ada di tol serta siap digunakan arus mudik.

"itu di daerah Cikande dan di daerah Kramatwatu itu menjadi jalan alternatif untuk menuju ke Pelabuhan Merak" katanya.

Selain jalan untuk arus musik, pihaknya juga sudah menyiapkan sejumlah jalur alternatif menuju objek wisata di Banten seperti menuju Anyer melalui jalan Simpang Taktakan, Gunung Sari -Anyer. Kemudian Palima-Pasar Teneng dan mungkin jalur Caringin jadi alternatif menuju kawasan wisata Anyer dan Carita.

"Kondisinya sekarang sedang kita lakukan penanganan terus untuk kenyamanan para wisatawan," katanya.