Jelang Buka Puasa, Para Mahasiswa Mulai Beranjak Pulang
Petugas PPSU memberishkan sampah usai mahasiswa selesai demo/ Foto: Antara

Bagikan:

JAKARTA - Gabungan mahasiswa mulai membubarkan diri dengan tertib setelah berdemonstrasi di kawasan Patung Kuda-Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat.

Mahasiswa dari sejumlah perguruan tinggi di kawasan Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) itu berangsur-angsur meninggalkan kawasan Monas mulai pukul 16.45 WIB, Kamis.

Mereka menyampaikan orasi di depan Patung Kuda, Jalan Medan Merdeka Barat atau di depan Gedung Sapta Pesona sejak pukul 14.30 WIB.

Secara bergiliran perwakilan dari masing-masing kampus menyampaikan orasi atau tuntutan menggunakan pengeras suara dari atas mobil bak terbuka.

Sejumlah tuntutan disampaikan di antaranya dari Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Indonesia (UI) yang mengajukan tujuh tuntutan di antaranya menolak perpanjangan masa jabatan presiden.

Selain itu, soal kenaikan harga bahan pokok dan ketimpangan ekonomi menjadi isu yang akan disampaikan dalam unjuk rasa tersebut. Selama hampir 2,5 jam mereka menyampaikan aspirasi dengan tertib.

Para mahasiswa itu kemudian berangsur-angsur meninggalkan Patung Kuda melalui Jalan Medan Merdeka Selatan sembari bernyanyi lagu-lagu kebangsaan.

Aksi mahasiswa membubarkan diri juga dikawal sejumlah petugas kepolisian agar berlangsung lebih tertib.

Sementara itu, arus lalu lintas dari arah Jalan Thamrin menuju Jalan Budi Kemuliaan berlangsung lancar namun padat.

Begitu juga lalu lintas kendaraan dari Jalan Budi Kemuliaan menuju Jalan Thamrin mulai lancar.

Sedangkan sebagian jalur di Jalan Medan Merdeka Selatan menuju Jalan Thamrin dan Jalan Budi Kemuliaan untuk sementara dialihkan melalui Jalan Agus Salim.