Fasilitasi Penumpang Mudik, Terminal Kampung Rambutan Bakal Gelar Vaksinasi Booster COVID-19
Tenaga kesehatan memeriksa kesehatan sopir bus antarkota antarprovinsi (AKAP) di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta, Senin (11/4/2022). (ANTARA)

Bagikan:

JAKARTA - Pengelola Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur, berencana membuka gerai vaksinasi COVID-19 dosis ketiga atau "booster" untuk melayani penumpang pada arus mudik.

Kepala Terminal Bus Kampung Rambutan, Yulza Ramadhoni mengatakan, pihaknya akan bekerjasama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta dalam membuka gerai vaksinasi COVID-19 tersebut.

"Untuk gerai 'booster', nanti kami akan bekerjasama lebih lanjut dengan Dinas Kesehatan penyediaan gerai vaksin 'booster' untuk masyarakat yang akan melakukan mudik," kata Yulza Ramadhoni di Jakarta, Sabtu.

Namun pihaknya memberikan imbauan kepada calon pemudik untuk melakukan vaksinasi COVID-19 dosis ketiga terlebih dahulu sebelum pulang ke kampung halaman.

"Jadi jauh-jauh hari sudah melakukan 'booster', baik nanti yang kita sediakan di terminal maupun di lingkungan masing-masing seperti di Puskesmas," ujar Yulza.

Apabila vaksinasi "booster" dilakukan menjelang keberangkatan, dikhawatirkan mengganggu kondisi fisik pemudik lantaran reaksi yang ditimbulkan.

"Perlu kami sampaikan kalau ingin melakukan vaksin booster sebaiknya jauh-jauh hari supaya tidak ada nanti KIPI untuk masyarakat itu sendiri," tutur Yulza.

Dia mengatakan, pihaknya juga akan mendirikan posko mudik Lebaran 2022 pada 25 April mendatang untuk memberikan pelayanan dan pengamanan dalam arus mudik tahun ini.

"Persiapan arus mudik, kita nanti di tanggal 25 April akan mempersiapkan pos pelayanan atau pos pengamanan bekerjasama dengan pihak kepolisian, TNI maupun Satpol PP," kata Yulza.