Kemenag Kalimantan Tengah Telah Siapkan Dokumen Perjalanan Calon Haji
Kepala Kantor Wilayah Kemenag Kalimantan Tengah Noor Fahmi/Foto: Antara

Bagikan:

PALANGKA RAYA - Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Kalimantan Tengah sudah menyiapkan dokumen perjalanan dan dokumen administrasi lain bagi warga yang dijadwalkan berangkat ke Tanah Suci untuk menunaikan ibadah haji tahun ini.

"Hal-hal teknis seperti administrasi termasuk paspor sudah siap. Tinggal menunggu berapa kuota yang diberikan dan lainnya," kata Kepala Kantor Wilayah Kemenag Kalimantan Tengah Noor Fahmi di Palangka Raya, Kamis 14 April.

Fahmi mengatakan bahwa pemerintah daerah masih menunggu informasi dari pemerintah pusat mengenai pembagian kuota jamaah haji.

"Biasanya kuota Kalteng itu sekitar 1.600 orang lebih, namun untuk keberangkatan mendatang kita bersama-sama tunggu pengumuman dari pusat," katanya.

Pelaksana Tugas Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Wilayah Kemenag Kalimantan Tengah Hasan Basri juga mengatakan bahwa Kalimantan Tengah masih menunggu pembagian kuota jamaah haji per provinsi dari pemerintah pusat.

Ia mengatakan bahwa sebelumnya ada 1.612 orang yang dijadwalkan berangkat berhaji di Kalimantan Tengah dan dokumen perjalanan haji mereka sudah disiapkan.

"Tinggal nanti menunggu keputusan pemerintah, bagaimana tentang kriteria usia seperti 65 tahun ke atas. Kita belum bisa berasumsi," kata Hasan dikutip Antara.

Ia mengatakan bahwa para calon haji juga sudah menjalani vaksinasi COVID-19. 

Manasik haji, menurut dia, akan dilaksanakan setelah pemerintah pusat mendapat kuota jamaah haji dari Arab Saudi dan menetapkan pembagian kuota haji per daerah.

Hasan mengimbau warga yang dijadwalkan berangkat berhaji dan sudah melunasi biaya perjalanan haji menjaga kesehatan semasa menunggu pengumuman pemerintah mengenai pemberangkatan haji tahun ini.