IHSG Senin Menguat, Sari Roti Jadi Penyelamat dengan Dibeli Investor Asing Senilai Rp455,24 Miliar
Gedung Bursa Efek Indonesia. (Angga Nugraha/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup di zona hijau pada perdagangan Senin 5 Oktober. IHSG ditutup menguat 0,65 persen atau 32,04 poin ke level 4.958,77.

Menutup perdagangan, 224 saham menguat, 175 saham melemah, dan 162 saham stagnan. Volume perdagangan tercatat 8,86 miliar lembar saham dengan nilai transaksi Rp5,78 triliun.

Analis Binaartha Sekuritas, M. Nafan Aji Gusta Utama mengatakan, faktor pendorong penguatan IHSG adalah sentimen dari pemberitaan mengenai perkembangan kesehatan Donlad Trump yang semakin membaik.

"Selain itu, ada juga sentimen positif dari adanya indikasi bahwa RUU Cipta Kerja akan disahkan secepatnya. Kemudian membaiknya kinerja data-data Purchasing manager Index (PMI) pada negara-negara di kawasan Eropa," ujar Nafan kepada VOI.

Menurut Nafan, perkembangan positif pada trial vaksin COVID-19 juga menjadi pemompa pada penguatan IHSG hari ini.

Adapun saham yang paling banyak dibeli oleh investor asing hari ini adalah PT Nippon Indosari Corpindo Tbk (ROTI). Emiten pemilik brand makanan Sari Roti ini mencatatkan pembelian bersih sebanyak 378,53 juta lembar saham dengan nilai transaksi Rp455,24 miliar.

Disusul oleh PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) Rp27,1 miliar, dan PT Merdeka Copper Gold Tbk (MDKA) Rp13,6 miliar.