Pemprov DKI Gelar Festival Ramadan Hingga 24 April, Ada Bazar Hingga Pertunjukan Musik
Ilustrasi/Foto: Antara

Bagikan:

JAKARTA - Pemprov DKI bersama BUMD PT Jakarta Tourisindo (Jakarta Experience Board) menggelar festival Ramadan bertajuk #FestivalRamdandiJakarta yang digelar di Lapangan Banteng, mulai tanggal 11 sampai 24 April 2022.

Festival yang berlangsung mulai pukul 12.00 sampai 19.00 WIB ini menghadirkan gelaran bazar para UMKM hingga pertunjukan musik.

“Dengan kegiatan #FestivalRamadandiJakarta diharapkan dapat menumbuhkan kembali ekonomi kerakyatan yang selama dua tahun ini terdampak besar akibat pandemi COVID-19,"kata Kepala Biro Pendidikan Mental dan Spiritual (Dikmental) Setda Provinsi DKI Jakarta, Gunas Mahdianto dalam keterangannya, Selasa, 12 April.

"Selain itu, juga menyemarakkan Ramadan dengan hiburan-hiburan yang Islami. Tentunya, kami mengimbau kepada masyarakat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan selama mengikuti rangkaian acara dan pastikan dalam kondisi sehat,” lanjut dia.

Rangkaian kegiatan #FestivalRamadandiJakarta dibuka dengan Ramadan Market yang akan melibatkan sekitar 100 tenant UMKM dari berbagai bidang usaha, baik kriya, kuliner, produk kreatif dan lainnya.

Ramadan Market dibagi menjadi dua, yakni Ramadan Market yang berkolaborasi dengan Jakpreneur berlangsung pada 11-20 April 2022 dan Ramadan Market yang berkolaborasi dengan Semasa diadakan pada 22 - 24 April 2022.

Lalu, pertunjukan musik akan digelar dua kali. Pertama, pertunjukan yang berkolaborasi dengan Ramadan Jazz Festival, ini akan diselenggarakan pada 16 April 2022.
Sejumlah musisi, seperti Teddy Adhitya, Sivia Azizah, Risty Tagor, Nadhif Basalamah, Difa Chandra dan Mark Natama, akan memeriahkan acara untuk menemani masyarakat sembari menunggu waktu berbuka puasa.

Pertunjukan musik selanjutnya berkolaborasi dengan The 12th Music Gallery. The 12th Music Gallery adalah acara tahunan terbesar BSO Band FEB UI, berupa festival apresiasi seni yang menggabungkan musik dan seni visual.

Direktur Utama PT Jaktour Novita Dewi menuturkan, #FestivalRamadandiJakarta dapat diakses secara gratis, warga dapat langsung berkunjung ke Lapangan Banteng dengan memperhatikan penerapan protokol kesehatan.

“Semoga dengan adanya program ini, Ramadan akan terasa lebih hangat seperti sebelum pandemi. Semoga program ini mendorong geliat UMKM untuk kembali bangkit dan diharapkan masyarakat dapat membantu meramaikan dan menikmati acara Festival Ramadan. Tetap menjaga protokol kesehatan agar situasi pandemi dapat tetap terkontrol dengan baik,” urai Novita.