DKI Buka 4 Terminal Bus AKAP untuk Mudik Lebaran, Siapkan 3 Terminal Tambahan Jika Penumpang Melonjak
ILUSTRASI ANTARA

Bagikan:

JAKARTA - Kepala Dinas Perhubungan DKI Syafrin Liputo menyebut Pemprov DKI membuka empat terminal bus antarkota antarprovinsi (AKAP) untuk layanan mudik Lebaran tahun ini.

"Untuk Jakarta kami siapkan ada empat terminal antarkota antarprovinsi yang memang itu dioperasionalkan selama ini, yaitu Terminal Pulogebang, Terminal Kampung Rambutan, Terminal Kalideres, dan Terminal Tanjung Priok," kata Syafrin di Balai Kota DKI, Senin, 11 April.

Syafrin mengungkapkan pihaknya juga menyiapkan tiga terminal tambahan untuk mengantisipasi lonjakan pemudik yang akan pulang ke kampung halaman.

Tiga terminal tambahan ini berada di Jakarta Selatan, Jakarta Barat, dan Jakarta Utara, yakni Terminal Lebak Bulus, Terminal Grogol, dan Terminal Muara Angke.

"Kami juga sudah siapkan tiga terminal bantuan untuk mengantisipasi lonjakan penumpang sebagaimana diketahui bahwa Pak Menhub sudah mengumumkan lebih kurang ada 13 juta warga yang akan mudik dari wilayah Jabodetabek," jelas Syafrin.

DKI tak menyiapkan terminal tambahan di wilayah Jakarta Timur karena Terminal Kampung Rambutan dan Pulogebang sudah dianggap cukup untuk melayani pemudik.

Selain itu, pihaknya juga menyiapkan tenda di tiga terminal tambahan yang akan dibuka sebagai antisipasi lonjakan pemudik tersebut.

Tenda ini akan digunakan sebagai tempat penumpang menunggu kedatangan bus hingga jadwal keberangkatan, sehingga dapat mencegah antrean di terminal keberangkatan.

"Mereka yang akan berangkat nanti bisa beristirahat di tenda-tenda yang sudah disiapkan. Tenda sementara itu menjadi penampungan bagi calon penumpang yang akan berangkat untuk menyesuaikan jadwal," ujar Syafrin.