IHSG Ditutup Melemah, Saham BCA dan MNC Paling Banyak Dijual Investor Asing
Gedung Bursa Efek Indonesia. (Angga Nugraha/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup melemah pada perdagangan akhir pekan. IHSG ditutup melemah 0,87 persen atau 43,36 poin ke level 4.926,73 pada perdagangan Jumat 2 Oktober.

Menutup perdagangan, 125 saham menguat, 300 saham melemah, dan 150 saham stagnan. Volume perdagangan tercatat 9,97 miliar lembar saham dengan nilai transaksi Rp6.15 triliun.

Analis Binaartha Sekuritas, M. Nafan Aji Gusta Utama mengatakan, faktor pengumuman Trump maupun First Lady yang positif COVID-19 menjadi pendorong pelemahan IHSG.

"Selain itu ada lagi faktor aksi profit taking, faktor proyeksi penurunan pada kinerja US nonfarm payroll, dan ada juga faktor libur nasional China," ujar Nafan kepada VOI.

Di hari perdagangan akhir pekan ini, sembilan sektor turun bersama dengan IHSG. Investor asing mencatat penjualan bersih atau net sell Rp49 miliar di seluruh pasar.

Saham-saham dengan penjualan bersih terbesar asing adalah PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) Rp29,4 miliar, PT Media Nusantara Citra Tbk (MNCN) Rp21,1 miliar, dan PT Gudang Garam Tbk (GGRM) Rp20,9 miliar.