IHSG Akhir Pekan Berakhir di Zona Merah, Saham Telkom Paling Banyak Dijual Asing
Gedung Bursa Efek Indonesia. (Angga Nugraha/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup di zona merah pada perdagangan Jumat 28 Agustus. IHSG ditutup melemah 0,46 persen atau 24,81 poin ke level 5.346,66.

Menutup perdagangan, 189 saham menguat, 238 saham melemah, dan 173 saham stagnan. Volume perdagangan tercatat 14,27 miliar lembar saham dan ditransaksikan senilai Rp8,07 triliun

Analis Binaartha Sekuritas, M. Nafan Aji Gusta Utama mengatakan, pelemahan IHSG lebih disebabkan minimnya data makroekonomi domestik maupun global yang memberikan high positive impact terhadap pasar.

"Maka dari itu, aksi profit taking telah terjadi pada akhir pekan ini," ujar Nafan kepada VOI.

Sore ini, saham yang paling banyak dijual investor asing adalah PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM). Saham emiten yang kabarnya akan berinvestasi di Gojek itu dijual investor asing sebanyak 161,44 juta lembar saham dan ditransaksikan senilai Rp305,80 miliar.

Sementara saham yang paling banyak diburu investor asing hari ini adalah PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (BMRI). Saham bank pelat merah itu dibelo sebanyak 38,85 juta lembar saham dengan transaksi senilai Rp36,5 miliar.