Truk Bermuatan 9 Ton Minyak Goreng Terguling di Duren Sawit, Sopir dan Warga Pelan-pelan Pindahkan Minyak ke Jeriken
Tumpahan minyak goreng ke aspal usai mobil truk terguling di jalan/ Foto: IST

Bagikan:

JAKARTA – Di tengah tingginya harga minyak goreng di sejumlah pasar di Jakarta dan sekitarnya, truk tangki bermuatan minyak goreng terguling di Jalan Masjid Abidin, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur.

Truk tangki bernopol B 9902 WF itu terguling usai ban belakang terperosok di saluran air sisi jalan ketika hendak parkir di depan sebuah toko.

Ukar, saksi mata sekaligus pemilik toko mengatakan, sopir truk yang membawa muatan minyak goreng dari Marunda, Jakarta Utara ke Jakarta Timur itu, tak terluka. Sopir truk berhasil menyelamatkan diri beberapa saat sebelum truk terguling.

"Jalannya, memang deckernya enggak kuat, sudah sempat dicor lagi. Cuma memang enggak kuat, akhirnya jeblos," kata Ukar kepada wartawan, Rabu 6 April.

Sopir truk tangki itu, menurut Ukar, hanya kaget. Sebab tak menyangka truk berkapasitas angkut sembilan ton yang dikendarai bakal terguling sehingga sejumlah muatan tumpah tercecer di sekitar jalan toko.

"Dan yang di belakang (saksi melihat kejadian) juga enggak engeh (sadar) juga bahwa itu (jalan) enggak kuat. Musibah, lagi mau parkir, parkir ke belakang," kata lagi.

Selepas kejadian, pengemudi dibantu karyawan toko dan warga sekitar berupaya memindahkan muatan minyak goreng ke jeriken guna memudahkan proses evakuasi badan truk ke posisi semula.

Satu unit mobil derek dikerahkan dalam proses evakuasi. Proses evakuasi memakan waktu karena muatan minyak goreng harus steril.