Lewat Lapak Ganjar, UMKM dari Magelang Bisa Merambah Eropa Hingga Hong Kong
Ganjar Pranowo (Foto via Pemprov Jateng)

Bagikan:

JAKARTA - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berkomitmen mempromosikan produk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) Jateng ke mancanegara. Upaya mempromosikan produk lokal dilakukan Ganjar dengan memanfaatkan Lapak Ganjar di media sosial.

Salah satu produk UMKM yang berhasil didorong merambah pasar internasional yakni produk madu di Borobudur, Magelang. Ganjar memborong madu cerana untuk kesehatan tulang saat mengunjungi rumah produsen Wijaya Madu Borobudur di Kesawan.

"Cocok itu, kebetulan tangan (usai kecelakaan) perlu direhabilitas," kata Ganjar melalui keterangan tertulis, Sabtu 2 Maret.

Pemilik UMKM Wijaya Madu, Aklis Nurdiansyah, mengaku bersyukur mendapat dukungan dari Ganjar. Usaha madunya berkembang pesat usai dipromosikan melalui program Lapak Ganjar.

"Berkat Lapak Ganjar madu saya jadi terkenal. Ini ada madu ginseng, madu kaliandra, madu rambutan, madu klanceng, dan madu cerana,” ujar Aklis.

Dia memerinci penjualan yang meningkat pesat usai dipromosikan Ganjar. Menurut Aklis, penjualan meningkat hingga 300 persen.

Tidak hanya kenaikan penjualan, ternyata unggahan di Lapak Ganjar juga semakin membuat produk madu Wijaya dikenal sampai mancanegara.

"Banyak yang dibawa ke luar negeri seperti di Eropa. Misal yang punya usaha resort di sini mereka bawa ke sana untuk oleh-oleh. Februari lalu ada pesanan dari Hong Kong,” kata Aklis.

Terkait