Pemerintah Bakal Normalkan Aktivitas Masyarakat Saat Ramadan, Kapolri Tekankan Pentingnya Percepatan Vaksinasi
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meninjau akselerasi vaksinasi/DOK Humas Polri

Bagikan:

JAKARTA - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan percepatan vaksinasi menjadi hal penting untuk dilakukan saat ini. Percepatan vaksinasi ini juga terkait dengan kebijakan pemerintah soal tak ada pembatasan saat ramadan.

Pernyataan itu disampaikan Kapolri saat meninjau akselerasi vaksinasi bersama elemen masyarakat di Gelanggang Olahraga Universitas Trisakti, Jakarta.

"Target kita hari ini, kita laksanakan vaksinasi serentak gabungan dengan 34 wilayah atau provinsi, harapannya kita bisa berada di angka minimal 1.129.668. Jadi kenapa ini menjadi hal penting, karena kita tahu bahwa saat ini kita akan memasuki bulan Ramadan dan Pemerintah sudah mengumumkan bahwa aktivitas di bulan Ramadan diberlakukan normal," ujar Sigit dalam keterangannya, Selasa, 29 Maret.

Akselerasi vaksinasi tersebut juga diselenggarakan secara serentak di 5.225 titik pada 34 Provinsi seluruh Indonesia.

Keputusan pemerintah dalam penormalan aktivitas masyarakat, lanjut Sigit, pengoptimalan akselerasi vaksinasi baik dosis I, II, dan III pun dilakukan. Degan begitu dapat meningkatkan imunitas atau pun kekebalan masyarakat terhadap virus COVID-19.

"Oleh karena itu menghadapi bulan Ramadan saya minta akselerasi vaksinasi terus ditingkatkan khususnya vaksin booster ketiga. Sehingga pada saat rangkaian kegiatan di bulan ramadan, kegiatan halabihalal, kegiatan mudik semua dalam kondisi betul-betul memiliki kekebalan atau imunitas," ungkap Listyo.

"Sehingga tentunya kita dorong bagaimana kita bisa mempercepat vaksin booster. Sehingga masyarakat kita mendapatkan imunitas kekebalan minimal 90 persen dan ini terus menerus harus kita lakukan," sambungnya.

Selain itu, Kapolri juga menyoroti kelompok masyarakat yang masuk dalam kategori lanjut usia (lansia) mengenai kelengkapan vaksinasi baik dosis II dan booster. Sebab, saat ramadan dan Idulfitri akan ada momentum mudik.

Momen itu sangat berpotensi munculnya penularan COVID-19. Karena itu, vaksinasi sangat penting sebagai langkah pencegahan.

"Sehingga tahun ini kita harapkan laju COVID-19 bisa kita kendalikan. Karena ini sangat besar pengaruhnya bagi aktivitas masyarakat selanjutnya. Tentunya akan berdampak pada pertumbuhan ekonomi yang kita harapkan bisa terus kita jaga di atas angka lima. Dan ini tentunya sangat penting buat perkembangan Indonesia," kata Kapolri.