2.500 Ton Minyak Goreng Curah HET Rp14 Ribu/Liter Tiba di Mataram
Foto via Antara

Bagikan:

JAKARTA - Dinas Perdagangan Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, memberita tahu kalau ada 2.500 ton minyak goreng curah dengan harga eceran tertinggi (HET) Rp14.000 per liter sudah tiba di sejumlah distributor di Mataram.

Kata mereka, minyak goreng curah bisa digunakan sebagai alternatif masyarakat memenuhi kebutuhan sehari-hari.

"Pendistribusian minyak goreng curah itu untuk memenuhi kebutuhan masyarakat selama puasa dan Idulfitri 1443 hijriah," kata Kadis Perdagangan Kota Mataram, Uun Pujianto, Sabtu 19 Maret dilansir dari Antara.

Meski banyak, 2.500 ton minyak goreng curah yang datang hari ini pun masih kurang dari kuota yang dijanjikan sebelumnya. Mataram dijanjikan 3.000 ton untuk memenuhi kebutuhan konsumen dua bulan ke depan.

"Alasan pastinya kita tidak tahu, namun kuota 2.500 ton yang sudah ada sekarang kita harapkan bisa optimal memenuhi kebutuhan masyarakat," katanya.

Uun mengatakan, HET minyak goreng curah di pasaran kini telah ditetapkan Rp14.000 per liter. Hal itu seiring dengan pencabutan subdisi minyak goreng kemasan oleh pemerintah yang berlaku per tanggal 17 Maret 2022, sehingga harga minyak goreng kemasan kembali normal.

Karenanya, kehadiran minyak goreng curah dengan HET Rp14.000 per liter tersebut diharapkan bisa menjadi alternatif masyarakat yang tidak bisa membeli minyak goreng kemasan.

"Setelah subsidi dicabut, harga minyak goreng kemasan kini tembus hingga Rp23.000 per liter, bahkan lebih tergantung dari merek dan kualitasnya," katanya.

Untuk mengantisipasi kekurangan stok minyak goreng curah, pihaknya terus melakukan pengawasan dan pemantauan di lapangan, termasuk pemberlakuan HET oleh pedagang.

"HET minyak goreng curah akan kita awasi agar dapat dilaksanakan sesuai ketentuan dan tidak merugikan konsumen," katanya.