Sebagian Sumsel Hujan Sedang Hingga Lebat Mulai Siang Hari
Lustrasi hujan. (Pixabay)

Bagikan:

SUMSEL - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) meramalkan wilayah Sumatera Selatan (Sumsel) berpotensi mengalami cuaca berawan hingga hujan dengan intensitas beragam mulai Rabu 9 Maret siang.

Mengutip siaran pers BMKG, Sumsel pada siang hari diprakirakan berawan hingga berpotensi hujan sedang-lebat di wilayah Lahat, Empat Lawang, Muara Enim, OKU, Musi Rawas, dan Lubuk Linggau, sedangkan wilayah yang berpotensi hujan ringan di Pagaralam, OKU Selatan, OKU Timur, dan Musi Rawas Utara.

Pada malam hari, meneruskan laporan Antara, cuaca diramalkan BMKG berawan hingga potensi hujan sedang-lebat di wilayah Musi Rawas, Musi Rawas Utara, OKU, OKU Timur, dan OKI, sedangkan wilayah yang berpotensi hujan ringan di Lahat, Musi Banyuasin, Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), Prabumulih, dan Ogan Ilir.

Pada dini hari, cuaca diprakirakan berawan hingga berpotensi hujan sedang-lebat di wilayah OKI, Ogan Ilir, Banyuasin, Palembang, Muara Enim, PALI, dan Musi Banyuasin, sedangkan wilayah yang berpotensi hujan ringan di Prabumulih dan OKU Timur.

Suhu udara di wilayah Sumsel dataran rendah sekitar Palembang, Banyuasin, Musi Banyuasin, Ogan Ilir dan OKI berkisar 22-32 derajat Celsius dengan kelembapan udara 60-97 persen.

Suhu udara di wilayah Sumsel dataran tinggi sekitar Pagar Alam, Empat Lawang, Lubuk Linggau, Lahat dan OKU Selatan berkisar 19-32 derajat Celsius dengan kelembapan udara 65-100 persen. Angin dari barat-timur laut dengan kecepatan 5-30 km/jam.

Tinggi gelombang laut di Selat Gelasa 0,5-1,25 meter, di Selat Bangka bagian utara dan Selat Bangka bagian selatan 0,1-0,5 meter. Cuaca diprakirakan hujan ringan-sedang, arah angin dari barat daya-timur laut dengan kecepatan 5-28 km/jam.

Berdasarkan prakiraan cuaca tersebut, BMKG mengeluarkan peringatan dini untuk mewaspadai potensi hujan sedang-lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang berdurasi singkat pada pagi-sore hari di wilayah OKI, Banyuasin, Lahat, Empat Lawang, Muara Enim, OKU, Musi Rawas, dan Lubuk Linggau.

Pada malam-dini hari di wilayah Musi Rawas, Musi Rawas Utara, OKU, OKU Timur, OKI, Ogan Ilir, Banyuasin, Palembang, Muara Enim, PALI, dan Musi Banyuasin.