Survei Key Opinion Leader: Ganjar Pranowo Mayoritas Dipilih Unsur Dunia Usaha-LSM, Anies Baswedan Oleh Ormas Keagamaan
Ilustrasi-(DOK VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Lembaga survei Politica Research and Consulting (PRC) dan Parameter Politik Indonesia (PPI) merilis key opinion leader (KOL) terhadap bakal capres 2024. Ada 11 nama tokoh yang diuji dalam survei ini. Misalnya, Ganjar Pranowo, Anies Baswedan, Sandiaga Uno, Ridwan Kamil, Prabowo Subianto sampai Puan Maharani.

Direktur Eksekutif PPI Adi Prayitno mengatakan, ada 207 tokoh berpengaruh dari 34 provinsi yang dimintai KOL dalam survei menggunakan studi kualitatif sejak 5 Januari-5 Februari 2022 ini.

"Para tokoh yang menjadi narasumber umumnya berdomisili di kota-kota besar dengan pertimbangan bahwa akses informasi mengenai politik nasional dan 11 figur kandidat capres lebih dinamis dibanding di level Kabupaten/Kota. Masing-masing provinsi enam narasumber, kecuali DKI Jakarta 12 narasumber," jelas Adi dalam rilis survei di Jakarta, Minggu, 6 Maret. 

Ada sejumlah aspek yang diukur dalam survei meliputi visioner, kepemimpinan politik, intelektualitas, keterampilan politik, keterampilan komunikasi politik, stabilitas emosi, gaya kepemimpinan, religiusitas dan nasionalisme, penampilan, integritas moral, serta kapabilitas. 

Sedangkan latar belakang pihak yang menjadi narasumber adalah akademisi, agamawan, budayawan, praktisi media, pelaku ekonomi, dan aktivis LSM.

Hasil survei dari seluruh aspek ini, ujar Adi, nama Ganjar Pranowo tak terbendung menempati posisi puncak. Selanjutnya diikuti Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di posisi kedua, Sandiaga Uno posisi ketiga dan Ridwan Kamil. Ganjar memperoleh suara 7,51 persen, Anies Baswedan 7,32 persen, Sandiaga Uno 7,20 persen dan Ridwan Kamil 7,14 persen. 

"Ganjar, Anies, Sandiaga dan Ridwan Kamil adalah empat figur yang mendapat penilaian yang tinggi dari KOL. Meskipun keempatnya menempati posisi teratas, dari sebelas aspek utama yang diteliti, tak ada satu pun yang berada pada level sangat baik," terang Adi. 

Nah, dari 11 unsur penilaian ini Ganjar Pranowo mendapatkan posisi teratas dari unsur media massa, dunia usaha, institusi budaya, dan Lembaga Swadaya Masyarakat. Sementara itu, Anies Baswedan mendapatkan posisi teratas pada unsur perguruan tinggi dan ormas keagamaan. 

Berikut ini hasilnya survei PRC-PPI:

1. Ganjar Pranowo 7,51 persen

2. Anies Baswedan 7,32persen

3. Sandiaga Uno 7,20 persen

4. Ridwan Kamil 7,14 persen

5. Erick Thohir 6,88 persen

6. Prabowo Subianto 6,85 persen

7. Andika Perkasa 6,69 persen

8. Muhaimin Iskandar 6,54 persen

9. Airlangga Hartarto 6,41 persen

10. Agus Harimurti Yudhoyono 6,31persen

11. Puan Maharani 5,80%

Adi menyebutkan, dari 11 nama yang disodorkan semuanya memiliki rata-rata nilai yang cukup baik karena mendapatkan nilai 6-7. "Artinya dalam skala yang kita buat, 6 dan 7 itu angka yang cukup baik," demikian Adi.