Survei SMRC: Ganjar Pranowo Ungguli Anies dan Prabowo di Kalangan Pemilih Kritis
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (Foto: Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengungguli calon-calon presiden lainnya dalam survei terbaru Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC). Ganjar unggul di kelompok pemilih kritis jika pemilihan presiden diadakan saat ini.

Direktur Riset SMRC, Deni Irvani, menjelaskan, jumlah pemilih kritis dengan indikasi pemilik telepon atau cellphone sekitar 72 persen dari populasi pemilih nasional yang umumnya berasal dari kelompok warga di perkotaan, berpendidikan lebih tinggi, dan memiliki ketertarikan terhadap masalah politik. Mereka umumnya tidak mudah goyah atau dipengaruhi, dan sebaliknya bisa mempengaruhi pemilih lain.

Menurut Deni, dalam survei pada 8-10 Februari 2022 Ganjar unggul atas calon-calon presiden lainnya di kelompok pemilih kritis. Keunggulan Ganjar tersebut terlihat dalam berbagai simulasi pertanyaan: pilihan spontan (top of mind), simulasi semi terbuka 29 nama, simulasi tertutup 15 nama, simulasi tertutup 3 nama, hingga simulasi tertutup 2 nama.

"Dalam jawaban spontan, Ganjar di urutan teratas dengan dukungan 19,9 persen di pemilih kritis. Selanjutnya, Prabowo Subianto 10,4 persen yang seimbang dengan Anies Baswedan 9,8 persen," ujar Deni saat mempresentasikan hasil survei SMRC bertajuk “Kecenderungan Pilihan Presiden Pemilih Kritis Nasional” yang dirilis melalui kanal YouTube SMRC TV pada 28 Februari 2022 di Jakarta, Senin, 28 Februari.

Sementara calon-calon lain mendapat dukungan spontan di bawah 4 persen, dan yang belum tahu 45,7 persen.

Kemudian, dalam simulasi semi terbuka dengan 29 nama, Ganjar tetap di posisi teratas dengan dukungan 26,8 persen. Selanjutnya Anies 13,9 persen, Prabowo 13,7 persen, Sandiaga Uno 5,8 persen, dan Ridwan Kamil 5,1 persen. Calon-calon lain di bawah 3 persen, dan belum tahu 24 persen.

“Dalam dua tahun terakhir, dukungan pemilih kritis kepada Ganjar dalam simulasi semi terbuka naik dari 7,7 persen pada survei Mei 2020 menjadi 26,8 persen pada survei terakhir 8-10 Februari 2022,” papar Deni.

“Sejak April 2021, Ganjar konsisten berada di urutan teratas, sementara Anies dan Prabowo bersaing ketat memperebutkan posisi kedua setelah Ganjar," sambungnya.

Sementara, dalam simulasi tertutup 15 nama, Ganjar lagi-lagi unggul dengan dukungan 27,5 persen. Disusul Anies 14.8 persen, Prabowo 14.3 persen, Sandi 6.2 persen, Ridwan 5.9 persen Calon-calon lain bawah 3 persen, dan yang belum tahu 21,8 persen.

"Dalam simulasi 3 tertutup nama, Ganjar tetap unggul di kelompok pemilih kritis dengan dukungan 34,7 persen, disusul Anies 23,3 persen dan Prabowo 21,9 persen. Yang belum tahu 20,1 persen," kata Deni.

Begitu juga dalam simulasi 2 nama, Ganjar unggul atas Prabowo maupun Anies.

Deni juga menyampaikan, jika yang bersaing hanya Ganjar vs Anies, Ganjar mendapat dukungan 40,4 persen dari pemilih kritis, unggul atas Anies yang mendapat 34.6 persen suara. Dan yang mengaku belum tahu 25 persen.

Jika yang bersaing hanya Ganjar vs Prabowo, Ganjar mendapat dukungan 41,9 persen dari pemilih kritis, unggul atas Prabowo yang mendapat dukungan 34,7 persen dan yang belum tahu 23,4 persen.

“Jika arah dukungan pemilih kritis kepada calon-calon presiden tidak mengalami perubahan yang signifikan, Ganjar memiliki modal yang kuat untuk pemilihan presiden 2024 mendatang," tandasnya.

SMRC melakukan serangkaian survei nasional melalui telepon dan diupdate terakhir pada 8-10 Februari 2022. Target populasi survei ini adalah warga negara Indonesia yang berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah dan memiliki telepon/cellphone.

Dengan sampel sebanyak 1.268 responden dipilih secara acak dari populasi tersebut dengan metode double sampling dan random digit dialing. Wawancara dengan responden dilakukan melalui telepon oleh pewawancara yang terlatih. Margin of error survei diperkirakan +/- 2,8 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen, asumsi simple random sampling.

Survei telepon sebelumnya dilakukan secara rutin setiap minggu dalam dua tahun terakhir.