Kebakaran Besar di Jaktim 100 Personel Pemadam Kebakaran Dikerahkan
Kebakaran di Jaktim/Foto: Antara

Bagikan:

JAKARTA - Arus pendek atau korsleting listrik di bengkel mebel milik M diduga membuat kebakaran melanda area seluas kurang lebih 800 meter persegi di Jalan Rawa Sumur, Cakung, Jakarta Timur (Jaktim), Sabtu 26 Februari malam.

Kepala Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Timur Gatot Sulaeman mengatakan pelapor berinisial W melihat titik api berasal dari lokasi mebel tersebut, kemudian menjalar hingga mencapai barang-barang rongsokan dan tempat penampungan limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) di dekatnya.

"Penyebab diduga arus pendek atau korsleting listrik dari mebel furnitur milik M. Api tidak terbendung dan langsung menjalar ke barang rongsokan dan limbah," ujar Gatot dalam keterangannya, Minggu dini hari.

Sudin Gulkarmat Jaktim langsung meluncurkan personel dan unit pemadam kebakaran ke lokasi, usai mendapat laporan kebakaran dari warga pada Sabtu malam, sekitar pukul 22.54 WIB.

"Personel yang dikerahkan untuk penanganan mencapai 100 orang, berikut 20 unit pendukung pemadam kebakaran," kata Gatot.

Penanganan berlangsung sekitar satu jam tujuh menit, mulai dari pukul 23.03 WIB hingga pukul 00.10 WIB. Setelah itu, pendinginan di lokasi mulai pukul 00.22 WIB.

Gatot mengatakan saat ini, petugas masih di lokasi guna melakukan pendataan terkait ada atau tidaknya korban dalam peristiwa tersebut. Sedangkan perkiraan kerugian akibat kebakaran tersebut kurang lebih Rp800 juta.