Ketum BPP Hipmi Mardani Maming Dorong Daerah Penyangga IKN Nusantara Segera Berbenah
Mardani H. Maming saat berbicara pada deklarasi masyarakat adat Dayak se-Kalimantan mendukung IKN. (ANTARA/Firman)

Bagikan:

BANJARMASIN - Ketua Umum Badan Pengurus Pusat Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPP Hipmi) Mardani H. Maming mendorong wilayah penyangga ibu kota negara (IKN) untuk berbenah agar dapat turut mendukung kemajuan IKN di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

"Tak hanya provinsi di pulau Kalimantan, namun provinsi di pulau Sulawesi juga harus bersiap agar benar-benar terkoneksi dengan pusat IKN di Kaltim," kata Mardani dikutip Antara di Banjarmasin, Jumat, 25 Februari.

Menurut Mardani, daerah yang dekat atau terkoneksi langsung dengan IKN sangatlah menguntungkan. Seperti halnya Jakarta, wilayah sekitar jadi turut maju hingga menciptakan daerah satelit seperti Banten, Jawa Barat hingga Provinsi Lampung di pulau Sumatera.

"Potensi strategis ini benar-benar harus dimanfaatkan pemerintah daerah termasuk kalangan pengusaha muda yang tergabung di Hipmi, pastikan ketersediaan aksesbilitas transportasi laut dan udara," kata pemilik PT Maming Enam Sembilan itu.

Karena itu, Mardani berharap infrastruktur strategis yang terkoneksi langsung dengan IKN menjadi prioritas utama pemerintah daerah setempat ke depan.

Dia mencontohkan kawasan yang berpotensi maju dengan adanya IKN adalah Sulawesi Barat yang jadi pintu gerbang segitiga menghubungkan Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah dan Kalimantan Timur.

Mardani menyebut kawasan segitiga emas tersebut dapat berkembang menjadi pusat pertumbuhan ekonomi baru baik sektor perdagangan, jasa maupun industri yang menopang di sekitar IKN.

Untuk mendorong ekonomi suatu wilayah untuk menopang IKN, tambah dia, diperlukan pengusaha tangguh yang bekerja untuk kepentingan luas dan senantiasa berkolaborasi bersama pemerintah untuk sama-sama memajukan daerah.

Sementara bagi provinsi di Kalimantan sendiri, Mardani mengajak anak mudanya dapat meningkatkan kapasitas untuk mewujudkan sumber daya manusia unggul.

Salah satunya menjadi pengusaha untuk membuka lapangan pekerjaan bagi banyak orang hingga akhirnya berdampak pada kemajuan daerah.

"Mari kita buktikan Kalimantan siap menjadi IKN sebagaimana keinginan Presiden Joko Widodo menjadikan Indonesia maju ditandai dengan penetapan IKN Nusantara," kata dia.