Rusia Tangguhkan Pelayaran di Laut Azov, Ukraina Minta Turki Tutup Laut Hitam
Kapal perang Rusia Marshal Ustinov (055). (Wikimedia Commons/LPHOT SEELEY/MoD)

Bagikan:

JAKARTA - Rusia telah menangguhkan pelayaran kapal komersial di Laut Azov sampai pemberitahuan lebih lanjut, tetapi tetap membuka pelabuhannya di Laut Hitam untuk navigasi, pejabat dan lima sumber industri biji-bijian mengatakan pada Hari Kamis.

Presiden Rusia Vladimir Putin mengizinkan 'operasi militer khusus' terhadap Ukraina pada Kamis untuk menghilangkan apa yang disebutnya sebagai ancaman serius, dengan mengatakan bahwa tujuannya adalah demiliterisasi tetangga selatan Rusia itu.

Rusia, pengekspor gandum terbesar di dunia, sebagian besar mengirimkan biji-bijiannya dari pelabuhan di Laut Hitam. Sementara, Laut Azov adalah rumah bagi pelabuhan air dangkal dengan kapasitas lebih kecil.

"Semua kapal sedang 'berhenti' (di laut Azov)," kata sumber industri biji-bijian kepada Reuters tanpa menyebut nama, seperti dikutip 24 Februari.

Diketahui, Rusia dan Ukraina menyumbang 29 persen dari ekspor gandum global, 19 persen dari pasokan jagung (jagung) dunia, dan 80 persen dari ekspor minyak bunga matahari dunia.

Rusia memproduksi 76 juta ton gandum tahun lalu dan diharapkan oleh Departemen Pertanian AS untuk mengekspor 35 juta ton pada musim Juli-Juni, 17 persen dari total global

Tak hanya itu, Rusia juga diketahui memasok gandum ke semua pembeli global utama. Turki dan Mesir adalah importir terbesar

Terpisah, Ukraine telah meminta Turki untuk menutup selat Bosporus dan Dardanelles bagi kapal-kapal Rusia, kata duta besar Ukraina untuk Ankara pada Hari Kamis, setelah Rusia melancarkan serangan udara dan darat, seperti melansir Daily Sabah.

Permintaan itu menempatkan anggota NATO Turki, yang berbagi perbatasan laut dengan Ukraina dan Rusia di Laut Hitam dan memiliki hubungan baik dengan kedua negara, dalam posisi yang sulit. Di bawah pakta 1936, Ankara memiliki kendali atas selat dan dapat membatasi jalur kapal perang selama masa perang atau jika terancam.

"Kami menyerukan agar wilayah udara, selat Bosporus dan Dardanelles ditutup. Kami telah menyampaikan tuntutan kami yang relevan kepada pihak Turki. Pada saat yang sama, kami ingin sanksi dijatuhkan pada pihak Rusia. Khususnya, kami menuntut penutupan wilayah tersebut. Saham dunia bisnis Rusia di sini," kata Duta Besar Vasyl Bodnar dalam konferensi pers di Ankara.

Dia menggarisbawahi pentingnya menyediakan senjata pertahanan, serta bantuan keuangan dan kemanusiaan.

"Kami juga meminta dukungan kepada warga Ukraina yang saat ini berada di Turki, terutama mereka yang membutuhkan perlindungan dan keamanan tambahan," tambahnya.

Dia menekankan, ini adalah pertama kalinya di kawasan itu negara bersenjata nuklir telah meluncurkan 'serangan terbuka' ke negara merdeka lain dan 'memulai perang. Dia mengatakan Rusia menyerang Ukraina di semua lini, termasuk perbatasan dengan Krimea dan Belarusia serta wilayah Donbas timur.

"Angkatan bersenjata Ukraina dan unit keamanan regional kami berperang melawan penjajah Rusia," tukasnya.

Untuk diketahui, Ukraina telah mengumumkan darurat militer, katanya, menambahkan bahwa mereka telah memutuskan untuk mengakhiri hubungan diplomatik dengan Rusia.

Menurut laporan, Rusia menggunakan senjata dan rudal untuk menargetkan area utama di kota-kota Ukraina.