Pemerintah Tangani Jalan Longsor di Beutong Ateuh Nagan Raya Aceh
Satu unit alat berat dikerahkan untuk mengatasi longsor badan jaan di lintasan Meulaboh-Takengon (Foto Via Antara)

Bagikan:

ACEH - Pemerintah pusat melalui Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) Kementerian Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) kini mulai melakukan penanganan longsor badan jalan di kawasan hutan lindung Kecamatan Beutong, Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh. Jalanan di kawasan ini mengalami longsor sejak Minggu, 2o Februari lalu.

"Alhamdulillah longsor badan jalan ini sudah mulai dilakukan penanganan perbaikan oleh pihak rekanan,” kata Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Nagan Raya Said Nazaruddin di Suka Makmue dilansir dari Antara, Selasa, 22 Februari.

Menurutnya, longsor badan jalan berkisar antara 20 hingga 30 meter dan diduga disebabkan struktur tanah labil sehingga menyebabkan longsor tebing gunung.

Said Nazaruddin menjelaskan, cepatnya penanganan longsor di ruas jalan lintas tengah Aceh tersebut karena lokasi masuk ke dalam proyek peningkatan ruas jalan yang dilaksanakan oleh Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) Provinsi Aceh.

Penanganan tersebut agar pengguna jalan yang melintas tidak terganggu termasuk menciptakan kenyamanan bagi masyarakat. 

 

“Kami mengucapkan terima kasih kepada pemerintah, karena kekhawatiran masyarakat sudah teratasi,” katanya.

Meski sudah mulai dilakukan perbaikan, BPBD Nagan Raya mengimbau kepada masyarakat agar berhati-hati karena ruas jalan tersebut masih berada dalam tahap perbaikan.

“Memang kawasan Gunung Singgah Mata ini rawan longsor, kami minta masyarakat agar selalu waspada khususnya saat dilanda hujan lebat,” tuturnya.