Pemerintah Israel Tunjuk Jenderal Gaby Portnoy Sebagai Kepala Keamanan Siber yang Baru
Gaby Portnoy, Kepala Keamanan Siber Israel yang baru. (Foto: EnVison Medical/www.gov.il)

Bagikan:

JAKARTA- Kabinet Israel pada Minggu menyetujui penunjukan pensiunan jenderal intelijen militer Gaby Portnoy untuk mengepalai Direktorat Siber Nasional negara itu, kata Kantor Perdana Menteri seperti dilansir Antara.

Portnoy akan menggantikan Yigal Unna, yang mengundurkan diri bulan lalu, sebagai kepala keamanan siber.

Direktorat Siber adalah badan utama yang bertugas mengawal dunia maya Israel dan memajukan pembangunan kekuatan dunia mayanya. Badan itu bekerja untuk memperkuat perlindungan organisasi dan warga negara dalam menghadapi serangan dunia maya dan dalam mempersiapkan diri menghadapi keadaan darurat.

Laman pemerintah dan perusahaan-perusahaan Israel menghadapi ribuan serangan setiap hari tetapi sebagian besar digagalkan.

Portnoy, 52, adalah kepala pejabat operasi perusahaan teknologi tinggi EnVizon Medical.

Sebelum itu, ia menghabiskan 31 tahun di angkatan bersenjata, bertugas di posisi-posisi senior termasuk kepala operasi untuk Korps Intelijen, yang pensiun dengan pangkat brigadir jenderal.

Sektor siber Israel adalah salah satu bidang dengan pertumbuhan tercepat di negara itu, yang mengumpulkan 8,8 miliar dolar AS (Rp126,4 triliun) pada 2021 atau meningkat tiga kali lipat dari nilai pada 2020. Sebanyak 40 perusahaan siber Israel lain dibeli oleh perusahaan asing dengan total 3,5 miliar dolar (Rp50,2 triliun), sementara ekspor siber Israel mencapai 11 miliar dolar AS (Rp158 triliun) pada 2021.

Direktorat itu mengatakan 40 persen dari investasi global swasta dalam putaran pendanaan keamanan siber berada di Israel.