Bagikan:

JAKARTA - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin meminta masyarakat tetap hidup normal di tengah gempuran COVID-19 varian Omicron. Masyarakat diharap tetap menjalankan protokol kesehatan dan melakukan aktivitasnya seperti biasa.

Budi bahkan menganalogikan kondisi ini sama seperti saat musim hujan. Ketika musim ini terjadi, sambungnya, masyarakat bukan dilarang untuk beraktivitas tapi diminta melakukan persiapan.

"Yang simple saja, kalau misalnya sekarang lagi musim hujan dan kita lagi musim flu juga jangan keluar hujan-hujanan," kata Budi dalam konferensi pers yang ditayangkan di YouTube Sekretariat Presiden, Senin, 14 Februari.

"Kalau Mau keluar hujan hujan, pakai payung atau jas hujan. Tapi apakah kita berhenti nggak boleh kerja ke kantor atau enggak Boleh ke mal? Ya, enggak. Hidup normal saja," imbuhnya.

Begitu juga dengan kondisi COVID-19 yang sedang meningkat kasusnya. Budi mengatakan, masyarakat bisa beraktivitas tapi masker dan segala protokol kesehatan untuk mencegah penularan harus dilakukan.

"Sekarang juga sama, kalau COVIDnya lagi naik ya gimana, protokol kesehatannya. Maskernya tetapi dipakai dan vaksinnya tolong dilengkapi," tegas eks Wakil Menteri BUMN itu.

Jika semua cara untuk mencegah penularan virus sudah dilakukan, dia yakin, masyarakat bisa terlindungi. Sehingga, kehidupan normal tetap bisa dilakukan meski pandemi COVID-19 masih terus melanda.

"Kalau itu sudah dijalani ya tetap hidup normal. Boleh bekerja, boleh ke mall," ungkapnya. 

"Tapi jangan lupa, sekarang lagi sekarang lagi musim COVID. Pakai masker dan juga vaksinasinya dikejar," pungkas Budi.