Wali Kota Pontianak Berharap Masjid Bisa Digunakan untuk Tempat Kreativitas Umat Muslim
Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono/ Foto: Antara

Bagikan:

JAKARTA – Selain digunakan untuk tempat ibadah, masjid juga bisa menjadi sarana kreativitas umat muslim. Hal itu disampaikan oleh Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono.

"Keberadaan masjid memang sangat dibutuhkan terutama bagi umat Islam. Selain sebagai sarana untuk beribadah, masjid juga mempunyai fungsi sosial bagi masyarakat sekitar," kata Edi Rusdi Kamtono yang juga sebagai Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kota Pontianak, Minggu 13 Februari.

Dia menyatakan, para pengurus masjid dalam mengelola masjid memang sudah lebih baik. Namun ia menilai masih ada beberapa diantaranya yang perlu dioptimalkan dalam tata kelola masjid sebagai tempat ibadah.

"Terutama berkaitan dengan kebersihan, kerapian, tata suara dan sirkulasi udara," ujarnya.

Edi menambahkan, dalam pengelolaan masjid juga dibutuhkan kreativitas dan inovasi-inovasi seperti mengatur jadwal pengajian, pengelolaan keuangan masjid dan sebagainya. Oleh sebab itu ide-ide kreatif dan inovatif sangat dibutuhkan dalam mengembangkan manajemen masjid.

"Kalau saya lihat sebagian banyak masjid sudah bertransformasi ke arah pengelolaan yang lebih profesional dengan transparansi," katanya.

Ia juga meminta masjid-masjid yang pengelolaan dinilai sangat baik, bisa menularkan ilmunya kepada pengurus masjid lainnya. Para pengurus masjid diharapkan bisa membuat jamaah lebih nyaman dan khusyuk dalam beribadah dengan memberikan pelayanan yang maksimal.

Apabila masyarakat atau jamaah merasa masjid sebagai tempat ibadah yang nyaman, apalagi dianjurkan dan disyaratkan harus shalat berjamaah untuk mendapatkan pahala yang besar, maka semestinya jamaah masjid ramai tidak hanya pada saat Shalat Jumat atau pada bulan Ramadhan saja, akan tetapi shalat lima waktu juga ramai.