Jembatan Gantung di Mukomuko Putus, Mobil <i>Pick Up</i> Bermuatan Kelapa Sawit Masuk ke Sungai
Jembatan gantung di Desa Pondok Lunang, Kecamatan Air Dikit, Kabupaten Mukomuko putus, Kamis (10/2/2022) ANTARA/HO-Istimewa.

Bagikan:

MUKOMUKO - Jembatan gantung di Desa Pondok Lunang, Kecamatan Air Dikit, dilaporkan putus pada Kamis, 10 Februari siang saat dilewati mobil pick up bermuatan tandan buah segar kelapa sawit. Sehingga mobil itu masuk ke sungai, namun tidak ada korban jiwa akibat kejadian tersebut.

Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, sampai sekarang masih mencari solusi untuk bisa membangun jembatan gantung yang putus karena berumur tua, sehingga bisa dilewati oleh kendaraan pembawa muatan tandan buah segar kelapa sawit di wilayah ini.

"Kalau bisa sekarang ini kita lakukan langkah darurat untuk membangun jembatan tersebut, yakni dengan cara diperbaiki," kata Sekretaris Daerah Kabupaten Mukomuko, Yandaryat, di Mukomuko, dilansir Antara, Jumat, 11 Februari.

Ia mengatakan, pihaknya telah menugaskan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang setempat untuk memperbaiki jembatan gantung yang rusak tersebut agar bisa segera dilewati kendaraan di wilayah ini.

"Kami serahkan teknis pekerjaannya kepada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang. Apakah jembatan tersebut bisa diperbaiki atau jenis kegiatan lain agar kendaraan bisa menyeberang di sungai tersebut," ujarnya.

Ia mengatakan, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang setempat sejak lama menginventarisir jembatan gantung tersebut, bagaimana jembatan itu dibangun permanen.

Namun daerah ini keterbatasan anggaran untuk membangun jembatan tersebut dan meningkatkan menjadi jembatan permanen.

"Mudah-mudahan kedepan kita dengan dewan menganggarkan dana untuk membangun jembatan permanen guna mengganti jembatan gantung di wilayah tersebut," ujarnya.

Kades Pondok Lunang Burhandari mengatakan, jembatan gantung yang ada di desanya umurnya sudah sangat tua, dibangun pada tahun 2009 sehingga wajar konstruksi bangunan jembatan gantung sudah rapuh.

“Setelah sekian lama akhirnya jembatan ini putus dan memakan korban, yakni satu mobil bermuatan tandan buah segar kelapa sawit masuk ke sungai. Warga secara swadaya mengevakuasi mobil dari sungai tersebut," ujarnya.